Mengatasi Rasa Lelah Saat Bekerja dan Beraktifitas - Male Indonesia
Mengatasi Rasa Lelah Saat Bekerja dan Beraktifitas
MALE ID | Sex & Health

Banyak aktifitas di keseharian yang menguras energi. Kelelahan seringkali melanda karena kondisi badan yang tidak fit. Termasuk saat Anda sedang berpuasa atau sedang membatasi asupan makanan. Mengatasi rasa lelah sebenarnya dapat disikapi dengan cara yang sederhana.

mengatasi rasa lelah male indonesia pixabay.com

Kelelahan adalah salah satu efek samping yang seringkali tak dapat dihindari siapa saja. Rutinitas yang dijalani kerap membuat seseorang lupa akan kapasitas dirinya sendiri. Lupa istirahat adalah salah satunya. Karena tubuh pada dasarnya tidak bisa dipaksakan bergerak terus menerus. Berikut tips agar Anda dapat mudah mengatasi rasa lelah saat bekerja maupun beraktifitas .

  • Bagi anda yang beraktifitas dengan mengeluarkan tenaga ekstra, tambahlah porsi makan di pagi hari atau saat sahur bagi yang menjalankan puasa dan tentunya mengonsuksi makanan yang bergizi juga dianjurkan.
  • Makanlah sayuran berdaun hijau yang memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda, seperti bayam. Perlu diketahui bahwa bayam memiliiki kandungan kalium serta vitamin B untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Vitamin B juga terkandung dalam sereal gandum, daging, unggas, telur, dan ikan salmon.
  • Sempatkan mengonsumsi buah-buahan, terutama yang mengandung banyak kalori seperti pisang atau apel. Konsumsi buah dengan kandungan kalori yang baik dapat membantu Anda mengatasi rasa lelah.
  • Jangan lupa mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh dengan banyak minuk air putih, apalagi bagi Anda yang menjalankan puasa. Karena kurangnya konsusmsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat mengakibatkan rasa lelah yang dialami tubuh dan menurunkan tingkat konsentrasi di saat bekerja. (baca juga: Bahaya Dehidrasi, Jangan Diabaikan!)
  • Saat istirahat di siang hari, buatlah tubuh menjadi rileks. Baringkan tubuh, pejamkan mata sejenak dan hilangkan beban serta pikiran. Cara mengatasai cara lelah ini tergolong sering diabaikan karena padatnya lalu lintas pekerjaan.
  • Waktu tidur malam juga harus diperhatikan. Tidurlah dengan waktu yang cukup sehingga stamina dapat kembali normal saat terbangun di pagi hari dan tentunya mendapatkan tenaga yang lebih kala menjalankan pekerjaan.
  • Cobalah mengatasi rasa lelah dengan berlatih mengelola stres yang biasanya memang menghabiskan banyak energi dan cenderung membuat lemas. Berbagilah dengan teman-teman satu pekerjaan ataupun teman-teman lama yang sudah saling memahami karakter masing-masing.
  • Batasi konsumsi kafein secukupnya. Karena konsumsi yang berlebihan justru akan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.
  • Berolahragalah dengan rutin agar kondisi badan tetap fit. Bahkan di saat Anda sedang berpuasa pun bisa menjalankannya dengan kapasitas secukupnya.**MALE
SHARE