Tips Menghadapi Pekerjaan di Akhir Pekan - Male Indonesia
Tips Menghadapi Pekerjaan di Akhir Pekan
MALE ID | Works

Harus menghadapi pekerjaan di akhir pekan memang bikin jengkel. Apalagi Anda sudah punya banyak rencana menghabiskan waktu libur, seperti kencan.

akhir pekan - male Indonesiapexels.com

Namun, banyak orang tetap menghadapi pekerjaan di akhir pekan demi menunjukkan bahwa mereka sangat produktif.

“Atasan workaholic akan mengganggap mereka yang tanggap dalam pekerjaan meskipun libur adalah karyawan terbaik,” ujar Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terible Office Tyrant, seperti dikutip dari CNN.

Sebaiknya, Anda tetap bedakan waktu kerja dan istirahat. Jika bekerja di akhir pekan dilakukan terus menerus, Anda yang dirugikan. Berikut tips menghadapi pekerjaan dari atasan saat akhir pekan.

Berikan Batasan
Di Prancis, ada hukum yang membantu orang menentukan kapan waktu kerja dan istirahat. Hukum ini memperbolehkan para pekerja memutuskan koneksi email, smartphone dan gadget lain jika jam kerja mereka telah habis. Rencananya, New York City akan mengadopsi hukum serupa.

Anda bisa membuat aturan ini berlaku untuk diri Anda sendiri. Kalau tidak berhasil, Anda bisa bilang, “Saya menyanggupinya, namun hal itu tentu akan mengurangi level produktivitas saya esok harinya.”

Penting Tidaknya Pekerjaan Itu
Terkadang atasan mengirimkan Anda to do list pekerjaan hanya agar ia tidak lupa memberikannya kepada Anda. Jika Anda menemukan daftar pekerjaan yang tidak urgent, lewati dan lanjutkan akhir pekan Anda.

Anda bisa mencentang ulang email pekerjaan menjadi ‘not read’ agar terlihat jelas bahwa pekerjaan itu belum dilakukan.

Negosiasi
Apabila email pekerjaan datang di waktu yang tidak tepat, negosiasikan dengan atasan. Katakan Anda tidak dapat mengerjakannya segera, namun akan selesai begitu Anda masuk kerja. Anda bisa bilang kalau Anda butuh waktu pribadi sebelum melanjutkan pekerjaan.

Kerjakan
Anda boleh langsung bekerja jika memungkinkan dan tidak mengganggu hal lain. Tentukan kapan pekerjaan tersebut dilakukan, entah pagi, siang, atau sore. Jangan lupa diselingi istirahat sekitar 1-2 jam.

Tujuan Anda di sini bukan untuk mengabaikan waktu personal, namun mencoba membagi waktu dan mengerjakan tugas yang mendesak. Bila Anda tidak masalah akan hal itu, artinya Anda memang sudah siap menghadapi pekerjaan di akhir pekan. Right? [GP]

SHARE