Charging Ponsel Melambat, Ini Masalahnya! - Male Indonesia
Charging Ponsel Melambat, Ini Masalahnya!
MALE ID | Digital Life

Baterai merupakan part penting dari sebuah ponsel. Nah, setiap proses di ponsel Anda akan menggunakan daya yang tersimpan di baterai. Namun Anda perlu melakukan pengisian baterai ponsel, paling lama biasanya 2-4 Jam. Untuk yang memiliki fitur fast charging, mungkin tidak lama saat melakukan pengisian baterai.

Pixabay.com

Namun baterai ponsel tidak selamanya normal. Akan terdapat masalah misal saat melakukan charger, lama atau bahkan malah berkurang, tentu jadi masalah banget jika seperti itu bukan?. 

Apabila Anda pernah merasakan hal seperti itu, Ada banyak penyebab baterai ponsel lama penuh saat dicharge. Untuk itu, Anda perlu mengetahui masalahnya. 

1. Kabel Charger
Salah satu alasan paling mungkin adalah ada yang bermasalah dengan kabel USB Anda. Kabel menjadi berkurang performanya akibat beberapa kebiasaan buruk pengguna. Seperti halnya, menggulungnya dan meletakan kabel sembarangan.

Hal ini membuat kabel USB menjadi bengkok, terpelintir, melilit atau parahnya terkena benda tajam. Kabel tidak kebal terhadap keausan fisik dan konektor USB itu sendiri juga menjadi usang dan bisa terasa longgar ketika Anda mencolokkanya ke ponsel.

2. Sumber Daya
Alasan kedua adalah sumber daya yang digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel. Jika Anda mengisi daya melalui laptop, maka otomatis ponsel akan mengisi data dengan sangat lambat.

Namun, mengisi daya dari sumber listrik langsung juga mampu mempengaruhi, tergantung dengan kualitasnya. Seperti misalnya jika Anda berada di gedung tua di mana stopkontak yang telah longgar atau rapuh.

3. Ponsel/Smartphone
Selain dua hal sebelumnya, ponsel sendiri juga bisa menjadi suatu alasan kenapa pengisian daya ponsel Anda melambat. Hal ini lantaran ponsel telah digunakan bertahun-tahun lamanya.

Seperti diketahui, saat ini kualitas prosesor pun semakin ditingkatkan dan mendukung pengisian cepat. Sehingga ponsel keluaran lama tampaknya sedikit ketinggalan.

4. Adaptor Charger Rusak atau Berkualias Rendah (KW)
Charger ponsel yang lama penuhnya mungkin disebabkan oleh adaptor yang rusak atau memang berkualitas rendah. Bisa jadi komponen-komponen didalamnya sudah usang atau terdapat kerusakan hingga menyebabkan jalannya arus ke baterai tidak normal. Hingga ber-efek pengisian baterai ponsel lebih lama dari biasanya.

5. Port di Ponsel
Sudah Anda coba ganti kabel USB? Terus Charger ponsel masih lama saat pengisian baterai? Coba Anda cek port Ponsel Anda. Jika terlihat ada lecet-lecet atau ciri-ciri kerusakan, solusinya adalah memperbaiki port tersebut atau mengganti dengan yang baru. *** (SS)

SHARE