Stop! Jangan Masukan barang Ini ke dalam Dompet - Male Indonesia
Stop! Jangan Masukan barang Ini ke dalam Dompet
MALE ID | Looks

Dompet tak hanya berfungsi untuk menyimpan uang tunai. Beberapa orang menggunakannya untuk menyimpan barang berharga. Sebut saja salah satunya, kartu kredit atau surat izin mengemudi atau SIM.

Pixabay.com

Bahkan, kendati tak ada uang didalamnya, karena barang-barang berharga yang tersimpan di dalamnya. Dompet dianggap barang yang paling penting. 

Namun, disarankan Anda tidak perlu memasukan beberapa barang di dompet Anda. Karena bisa saja ketika dompet hilang atau kecopetan, semuanya akan hilang sekejap. Lalu barang apa saja sebenarnya yang tidak perlu ada di dalam dompet itu?

Semua Kartu Debit atau Kartu Kredit
Bukan ide baik menyimpan semua kartu perbankan di satu tempat. Jadi, jika Anda kehilangan dompet, ada kemungkinan penipu menggunakan kartu sebelum Anda dapat menguncinya. Jadi lebih baik membawa satu kartu yang akan Anda gunakan saat akan keluar.

Untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi kemudian hari, sebaiknya Anda mengambil foto kartuny saja dan menyimpannya di rumah, seandainya Anda kehilangan kartu dan tidak dapat mengingat nomornya.

Lembaran Tanda Terima
Anda mungkin sering menyimpan tanda terima dari transaksi di ATM atau saat berbelanja. Hal itu sebaiknya jangan dibiasakan karena kalau dompet Anda hilang karena dicuri, lembaran-lembaran tersebut bisa digunakan untuk mencari informasi mengenai diri Anda.

Atau bisa saja disalahgunakan untuk mengklaim sesuatu pada pihak bank atau tempat berbelanja yang ada di lembaran tersebut. Lembaran atau dokumen seperti ini sebaiknya dibuang atau dimusnahkan saja kalau memang tidak diperlukan lagi.

Kondom
Ada beberapa orang yang menyimpan alat kontrasepsi seperti kondom di dalam dompet. Mereka mungkin perlu membawa benda seperti itu kalau sewaktu-waktu perlu digunakan. Tentu tak terlalu jadi masalah kalau misalnya Anda kehilangan kondom atau alat kontrasepsi lainnya.

Yang jadi masalah, bahan seperti kondom yang mengandung lateks bisa rusak kalau ada unsur panas di dalam dompet. Apalagi kalau bersentuhan dengan benda yang ujungnya runcing seperti kunci, bisa membuat lubang kecil di dompet yang mungkin sulit Anda ketahui.

Flash Disk
Mungkin tak banyak orang yang menyimpan USB Flash Disk di dalam dompet. Tapi karena bentuknya yang semakin lama semakin bervariasi dan ada yang bentuknya sangat kecil, ada juga yang menyimpannya di dalam dompet.

USB bisa saja rusak karena terlipat di dalam dompet. Ada baiknya benda yang banyak menyimpan informasi penting seperi ini jangan disimpan di dalam dompet. Bahkan, sebaiknya jangan dibawa berpergian kalau memang tidak digunakan. *** (SS)

SHARE