5 Cara Tetap Termotivasi Saat Olahraga Sendiri - Male Indonesia
5 Cara Tetap Termotivasi Saat Olahraga Sendiri
MALE ID | Sport & Hobby

Berolahraga itu penting. Tetapi memotivasi diri untuk rajin berolahraga bukanlah hal yang mudah. Karena sering kali seseorang mengalami semangat menurun, tujuan terlupakan, dan berhenti di tengah jalan. 

Memiliki pasangan saat berolahraga memang dapat menbantu untuk terus bergerak, karena bisa menjadi motivator tersendiri. Namun, Anda jangan terpengaruh dengan hal tersebut, Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut ini adalah cara memotiviasi diri untuk tetap olahraga kendati sendirian.

Pixabay.com

Membuat Rencana
Mulailah dengan membuat rencana meski di dalamnya memiliki tujuan sederhana, setelah itu maju dan terus patuhi rencana Anda, yang kemudian Anda bisa terus mamu ke tahap jangka panjang. 

Anda harus selalu mengingat akan tujuan yang ingin dicapai, dan buatlah itu menjadi suatu kenyataan. Seseorang akan menjadi sangat mudah frustrasi dan menyerah jika mempunyai tujuan yang terlalu ambisius.

Tonjolkan Sisi Positif dari Tujuan Anda
Sebelum membuat catatan tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan, pikirkan terlebih dahulu kata-kata yang akan Anda pergunakan. Hindari menggunakan kata-kata yang negatif yang justru bisa membuat Anda malas atau patah semangat. 

Misalnya, hindari menggunakan kata-kata negatif seperti "Jangan malas berolahraga!", dan ganti dengan, "Saya akan berolahraga setiap jam 5 pagi hingga jam 6 pagi." Meski hanya kalimat sederhana, namun kedua kalimat ini dapat memberikan efek yang berbeda terhadap alam bawah sadar Anda. 

Penggunaan kata-kata positif akan membuat Anda lebih senang menjalani olahraga, dan bila Anda senang maka anda akan merasa lebih bersemangat dan termotivasi.

Pantau Terus Perkembangan Anda
Mencatat setiap perkembangan dapat membantu Anda tetap bersemangat. Dengan catatan yang dimiliki, Anda akan menyadari bahwa usaha Anda tidaklah sia-sia dan terdapat kemajuan dalam olahraga anda. Hal ini akan  membuat Anda semakin bersemangat dalam mencapai target yang lebih tinggi lagi.

Buat Segalanya Menyenangkan 
Cari olahraga atau aktivitas yang Anda sukai. Program latihan akan berjalan lancar jika Anda melakukannya tanpa beban. Jika Anda tidak menikmati program latihan tertentu, jangan langsung memutuskan untuk berhenti. Akan tetapi, cobalah dengan sesuatu yang berbeda. Ingat, olahraga tidak harus membosankan, Anda bisa memulainya sesuai dengan hobi Anda.

Beri Hadiah pada Diri Anda
Tidak ada yang salah dengan memberikan hadiah atau penghargaan untuk diri sendiri karena semua orang menyukai hadiah. Memberikan penghargaan kepada diri sendiri sama halnya dengan memberikan motivasi untuk diri sendiri. Misalnya jika Anda berhasil turun 2 kg dalam waktu satu atau dua minggu, Anda bisa menghadiahi diri Anda satu hari libur atau satu pakaian baru atau apa pun yang akan Anda nikmati. *** (SS)

SHARE