Anda Merasa Susah Fokus, Ini Penyebabnya - Male Indonesia
Anda Merasa Susah Fokus, Ini Penyebabnya
MALE ID | Sex & Health

Ada banyak penjelasan di balik mengapa Anda mudah lupa dan susah fokus, atau dalam bahasa lain disebut dengan brain fog.

susah fokus - male Indonesiapixabay.com

Namun begitu menemukan penyebabnya, penanganan yang sesuai akan membantu Anda menyingkirkan masalah susah fokus atau brain fog dari aktivitas sehari-hari Anda.

Mengutip dari laman Health Line, sebaiknya Anda ketahui lima hal yang bisa menjadi penyebab susah fokus. Yaitu:

Stres
Stres kronis bisa menaikkan tekanan darah, melemahkan sistem imun atau pertahanan tubuh, dan memicu depresi. Karena itu juga stres dapat menyebabkan kelelahan mental atau brain fog. Ketika pikiran Anda kelelahan, otak jadi lebih sulit berpikir apalagi untuk fokus.

Kurang tidur
Selain bikin tubuh senantiasa lesu, kurang tidur juga berpengaruh ke fungsi otak. Kurang tidur akan membuat Anda sulit berkonsentrasi dan banyak pikiran menghampiri tanpa bisa fokus. Dari olahraga, makanan, sampai hubungan intim, upayakan agar Anda dapat memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Perubahan hormon
Kenaikan hormon juga bisa memicu masalah susah fokus, seperti short-term memory. Karena itu usahakan agar hormon tetap terjaga stabil, dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan.

Diet dan alergi makanan tertentu
Kekurangan vitamin saat diet bukan mustahil terjadi. Hal ini akan membuat Anda mengalami susah fokus, terutama ketika tubuh kehilangan vitamin B12 yang mendukung kesehatan otak.

Di samping itu, beberapa makanan tertentu juga memicu reaksi alergi berupa brain fog sehingga Anda sulit berpikir jernih. Makanan penyebabnya antara lain MSG, aspartam atau pemanis buatan non sakarin, kacang-kacangan, dan produk susu.

Penyakit tertentu
Poin terakhir tak boleh diabaikan begitu saja. Kondisi medis yang berkaitan dengan peradangan, kelelahan, atau perubahan level gula darah turut berdampak pada kelelahan mental atau brain fog.

Pada sindrom kelelahan kronis, misalnya, brain fog ini adalah salah satu gejalanya, yang membuat penderita mengalami rasa lelah hingga sulit berpikir secara berulang dalam waktu sekitar enam bulan.

Selain itu, brain fog serupa sangat mungkin dialami oleh orang-orang yang mengidap fibromyalgia dalam aktivitas mereka setiap hari. [GP]

SHARE