Pertama kali Ke Luar Negeri, Harus Siap Ini! - Male Indonesia
Pertama kali Ke Luar Negeri, Harus Siap Ini!
MALE ID | Relax

Traveling memang sangat menyenangkan, mungkin untuk Anda yang biasanya traveling di Indonesia, barang yang Anda bawa hanya perlengkapan biasa, meskipun lupa bawa perlengkapan masih bisa ambil barangnya atau minta tolong teman untuk kirimkan barang yang dibutuhkan.

Luar Negeri - male Indonesiapixabay.com

Nah, apa yang terjadi jika traveling ke luar negeri? Pasti tidak semudah apa yang Anda lakukan saat liburan di negeri sendiri. Jika ada perlengkapan yang lupa tidak mungkin pulang ke Indonesia lebih dahulu dari liburan luar negeri Anda. Maka dari itu, berikut ini kiat bagi Anda yang ingin pertama kali liburan ke luar negari.

Bawa Dokumen Lengkap
Saat ingin pertama kali ke luar negeri, yang paling penting adalah membawa dokumen lengkap yaitu KTP, Paspor, Visa, dan dokumen lengkap lainnya untuk mempermudahkan saat berada diluar negri. KTP untuk jaga-jaga saat Anda ingin check in pesawat domestik, sedangkan paspor ini untuk Anda yang ingin bepergian jauh keluar negeri.

Untuk dokumen lainnya pastikan bawa kartu asuransi Anda karena hal ini dibutuhkan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat traveling. Sebelum membeli tiket pastikan sudah membuat paspor 3 bulan sebelum berangkat agar tidak terlalu mepet dan pastikan membuat visa untuk memudahkan Anda berbelanja.

Menukar Uang
Hal kedua, pastikan sudah menukarkan uang rupiah Anda di Money Changer lokal saat sebelum berangkat ke luar negeri, jangan tukarkan uang saat dibandara karena lebih mahal. Misalnya Anda ingin ke Singapora maka bawalah dollar dan jika ingin ke Malaysia maka tukarkan uang rupiah dengan Ringgit atau dollar Singapore.

Buatlah Detail Intinerary
Hal ini sangat penting untuk Anda yang ingin traveling, karena ini sangat mempermudahkan Anda saat berada diluar negeri.  Sebelum bepergian Anda harus tau hotel apa yang cocok untuk Anda, tempat wisata apa yang wajib Anda kunjungi saat disana. 

Kemudian kereta apa yang harus Anda naiki saat berada disana, dan pastikan Anda membaca beberapa artikel dari backpaker yang tersebar di google.

Beli Tiket Jauh-Jauh Hari
Hal ini sangat penting agar Anda bisa mencari tiket promo yang membuat budged Anda lebih terjangkau dan pastinya hemat. Nah, jika direkomendasikan Anda bisa membeli tiket 6 bulan sebelum berangkat karena jauh-jauh hari bisa mendapatkan promo dan dalam waktu 6 bulan bisa mengatur waktu yang pas untuk berlibur.

Pesan Hotel dari Indonesia
Hal ini juga penting untuk kalian yang ingin traveling keluar negeri, karena agar Anda tidak kesusahan mencari penginapan saat berada disana. Apalagi Anda belum tahu situasi yang ada di negara yang akan Anda singgahi untuk liburan. Maka dari itu pesanlah hotel dari indonesia agar sesampai dibandara Anda bisa langsung menuju hotel yang Anda pesan.

Nah, selain hal-hal di atas, hal teknis lainnya pun tentu Anda persiapkan, seperti belajar bahasa asing minimal untuk percakapan biasa, kemudian barang-barang jangan terlalu banyak di bawa, dan tentunya bekali informasi negara yang ingin Anda kunjungi. *** (SS)

SHARE