Nuansa Kota Indah nan Unik di Tanah Alpen - Male Indonesia
Nuansa Kota Indah nan Unik di Tanah Alpen
Gading Perkasa | Relax

Swiss bukan cuma memiliki pemandangan khas pegunungan yang menyejukkan mata. Negara yang dikenal dengan gunung Alpen tersebut rupanya juga punya kota unik dan dapat Anda kunjungi.

MaxPixel

Adalah Solothurn, terletak di sebelah utara Swiss yang sangat terobsesi pada angka 11. Dilansir BBC, Solothurn diperkirakan telah didirikan bangsa Romawi sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Uniknya, segala sesuatu di kota Solothurn erat kaitannya dengan angka 11, mulai dari bangunan hingga tradisinya. Lantas, apa yang menyebabkan angka 11 menjadi sangat favorit di sana?

Dilihat dari gambaran secara umum, Solothurn adalah rumah bagi 11 gereja, 11 kapel, 11 air mancur, 11 menara, dan 11 museum dengan arsitektur yang menakjubkan. Jika kota di dunia menggunakan format waktu 12 jam dan jangka waktu 24 jam, Solothurn justru menggunakan waktu 11 jam dan jangka waktu 22 jam.

Selain itu, saat arah jarum jam berada tepat di angka 11, lonceng di jam-jam yang terpampang di setiap sudut kota akan berdentang.

Menurut salah satu penduduk kota, para penduduk di sana terobsesi pada angka 11 dan masih mempertahankan hal itu hingga kini. Mereka juga tak segan-segan membagikan kisahnya kepada para pengunjung atau wisatawan yang datang berlibur.

Oleh sebab itu, banyak bangunan dipengaruhi oleh angka 11, salah satunya Katedral St. Ursus yang berada di wilayah tenggara Solothurn. Katedral St. Ursus dibuat oleh arsitek Italia bernama Gaetano Matteo Pisoni, dalam waktu 11 tahun, yaitu pada tahun 1762 sampai 1773.

Katedral ini juga memiliki 11 altar, 11 jam, 11 menara lonceng yang berukuran 6 x 11 meter. Bahkan tangga luarnya dibagi beberapa bagian dengan 11 anak tangga.

Sebuah cerita rakyat mengatakan bahwa dulu ada peri datang dari gunung Weissenstein (berada tak jauh dari kota) untuk membangkitkan semangat penduduk kota yang bekerja keras, namun tidak pernah merasakan kemakmuran.

Jika diartikan, angka 11 atau eleven dalam bahasa Jerman adalah elf atau peri. Oleh sebab itu, pengadopsian angka 11 ke kota Solothurn berkaitan dengan elf, sebagai bentuk penghargaan dari para penduduk.

Selama lebih dari 500 tahun, Solothurn telah menjadi kota yang sangat erat kaitannya dengan angka 11. Terlepas dari hal itu, kota ini menawarkan destinasi wisata unik dan menarik bagi wisatawan. [GP]

SHARE