Nyeri Leher Setiap Bangun Tidur, Ini Pencegahannya - Male Indonesia
Nyeri Leher Setiap Bangun Tidur, Ini Pencegahannya
MALE ID | Sex & Health

Ketika bangun tidur, mungkin Anda pernah merasakan sakit nyeri leher, seperti tidak bisa digerakkan ke kanan atau kiri. Leher terasa nyeri dan kaku, bahkan bisa menjalar ke bahu. Keluhan ini biasanya disebut dengan salah bantal.

Pixabay.com

Meski keluhan ini bisa sembuh setelah beberapa hari, Anda mungkin jadi sulit beraktivitas dan bergerak dengan bebas. Bagaimana tidak, leher Anda akan terasa sakit jika digerakkan dan jangkauan gerak pun berkurang. Bagaimana cara mencegah salah bantal ini agar tidak mengganggu aktivitas Anda?

Mandi air panas
Biarkan air hangat mengalir di seluruh otot leher Anda untuk membantu melonggarkan, membangunkan, dan menenangkannya. Pilih minyak esensial favorit Anda dan letakkan beberapa tetes dalam air hangat atau di sebelah Anda di atas kain di kamar mandi.

Pilih Bantal dengan Bijak
Anda harus dapat membayangkan garis dari kepala hingga kaki yang cukup lurus. Jika Anda tidur miring, Anda mungkin memerlukan sedikit lebih banyak dukungan dari bantal Anda. 

Jika bagian atas kepala Anda turun ke bawah tulang belakang Anda, Anda memerlukan lebih banyak penyangga bantal untuk menaikkannya sejajar dengan tulang belakang Anda.

Pastikan Kasur atau Permukaan Tidur
Kasur atau permukaan tidur Anda harus sesuai dengan posisi tidur yang Anda sukai, tipe tubuh, dan tulang belakang manusia. Lutut, pinggul, leher, dan bagian atas kepala Anda harus sejajar satu sama lain sepanjang malam. Saat tiba waktunya untuk menggeser posisi, pastikan bagian atas kepala Anda tidak turun sehingga leher Anda melengkung ke kedua arah.

Periksa Kebiasaan Bernapas
Jika Anda mencoba untuk tidur dalam posisi tinggi untuk meningkatkan pernapasan, pastikan kepala Anda tidak dapat bergoyang saat Anda beristirahat.

Jika Anda menggunakan mesin CPAP atau alat bantu pernapasan lainnya saat Anda tidur, pastikan posisinya tidak menyebabkan Anda melengkungkan leher pada malam hari.

Pertimbangkan Saat Membaca di Tempat Tidur
Pastikan mata Anda bisa melihat langsung bahan bacaan Anda tanpa melelahkan. Jika Anda harus memaksakan mata untuk melihat, kemungkinan leher Anda juga akan tegang.

Menempatkan leher Anda dalam posisi yang sedikit canggung sebelum tidur tidak memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan benar. Leher Anda harus tetap sejajar saat Anda membaca dan tidak ditekan ke depan oleh kepala ranjang atau benda lain di belakang kepala Anda. *** (SS)

SHARE