Olahraga Air yang Bermanfaat & Tidak Membosankan - Male Indonesia
Olahraga Air yang Bermanfaat & Tidak Membosankan
MALE ID | Sport & Hobby

Kegiatan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Olahraga tersebut dapat dilakukan di udara, air, maupun tanah. Mana yang Anda sukai?

Apakah Anda menyukai olahraga air? atau Anda ingin mencoba olahraga air? Jenis olahraga ini cukup menyenangkan dengan tingkat kesulitan yang berbeda beda. Maka dari itu, jika Anda baru mencoba olahraga air, ada beberapa jenis olahraga air yang perlu Anda ketahui dan sederet manfaatnya.

Snorkeling

Photo by Jakob Owens on Unsplash

Snorkeling ialah jenis olahraga air yang dapat dilakukan diluar ruangan. Untuk melakukan olahraga ini, Anda dituntut untuk menguasai teknik menyelam yang bagus serta perlengkapan menyelam yang lengkap, seperti tabung kecil sebagai tempat oksigen atau tabung snorkel, baju selam tebal, kacamata renang, dan kaki katak. 

Olahraga snorkeling dilakukan dalam perairan yang dangkal dengan berbagai keindahan biota laut bawah air. Dengan begitu anda dapat menikmati keindahan tersebut tanpa memerlukan peralatan yang berat dan banyak.

Jenis olahraga air ini cukup terkenal dikalangan banyak orang, termasuk para traveler. Para traveler tentunya ada yang menyukai tempat liburan dengan pantai pantai diberbagai negara tropis. Tempat tempat yang dapat direkomendasikan bagi para snorkel ialah Hawai, Bali, Karibia, Australia, Maldives dan Thailand. 

Tujuan melakukan olahraga ini ialah mendapatkan keindahan bawah laut, namun sebelum melakukan liburan terlebih dahulu Anda dapat mengecek lokasi lokasinya. Untuk momen momen keindahan bawah laut ini dapat diabadikan dengan kamera tahan air. 

Diving

Photo by Anurag Harishchandrakar on Unsplash

Jenis olahraga air selanjutnya ialah diving. Diving ialah jenis olahraga air yang membutuhkan batu loncatan untuk melompat kedalam air. Olahraga tersebut biasanya diikuti dengan gerakan gerakan akrobatik sebelum menyelam kedalam air. 

Diving termasuk kedalam cabang Olimpiade olahraga air bahkan diakui secara inernasional. Maka dari itu setiap cabang olahraga ini ditandingkan, banyak sekali penonton yang melihatnya bahkan sampai membludak. Untuk penjurian dalam diving biasanya memperhatikan beberapa hal seperti sikap badan ketika masuk ke air, tingginya lompatan atlet, posisi tubuh, dan seberama lama atlet dapat melakukan gerakan akrobatik ketika melayang diudara. 

Pada umumnya atlet diving memiliki latar belakang yang bagus dibidang senam. Hal tersebut ditunjukkan dari atletisme tubuh, kelenturan maupun fleksibilitas tubuh.

Jenis olahraga air ini juga memiliki atlet dengan kemampuan menari yang baik. Diving termasuk jenis olahraga air yang bersifat rekreasional, terstruktur, kompetitif dan profesional. Olahraga tersebut juga memiliki kemiripan dengan snorkeling karena sama sama menyenangkan. 

Walaupun demikian terdapat perbedaan didalamnya yaitu untuk diving dilakukan dengan cara menyelam ke dalam air, sedangkan snorkeling hanya dipermukaan air. Diving dapat dibagi mejadi dua jenis yaitu scuba diving dan free diving.

Polo Air

Photo by Eugene Lim on Unsplash

Olahraga ini diperkenalkan pada tahun 1800an dari Skotlandia. Polo air ialah jenis olahraga air yang dilakukan dalam kolam renang persegi panjang dan dilakukan dengan beregu. Regu tersebut berjumlah dua tim dengan tujuan memasukkan bola kedalam gawang lawan. 

Tim polo air terdiri dari anggota yang berjumlah tujuh orang. Salah satu anggota bertugas sebagai kiper untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Jenis olahraga air tersebut menggabungkan beberapa peraturan dalam olahraga renang, basket, sepak bola dan gulat.

Polo air membutuhkan beberapa alat tambahan seperti baju renang dengan beberapa warna yang menandakan satu anggota tim serta pemain kiper, gawang pertandingan untuk memasukkan bola, dan bola yang dapat mengapung diatas air sepeti bola voli. 

Polo air cukup populer di beberapa negara seperti Brasil, Kanada, China, Australia dan Amerika Serikat. Bahkan negara negara tersebut juga bersaing dalam Olimpiade resmi. Manfaat dari olahraga ini adalah membangun daya tahan tubuh dan membantu membentuk otot Anda.

Kano

Pixabay.com

Kano ialah jenis olahraga air yang atletnya tidak bersentuhan dengan air secara langsung. Kano memerlukan alat tambahan berupa perahu dengan kapasitas penumpang satu orang atau lebih. Perahu ini harus didayung diatas air dengan jarak tertentu. 

Jenis olahraga air ini dapat dilakukan dipermukaan air yang tenang, misalnya waduk maupun danau. Olahraga tersebut bahkan termasuk kedalam Olimpiade olahraga air. Untuk variasi perlombaannya ditentukan dari panjang lintasannya dengan jarak 200 m sampai 1000 m, jenis kano, maupun jumlah pendayung yang terdapat diatas kapal. 

Jenis olahraga air seperti kano ini tidak membutuhkan teknik mendayung, kemampuan menyelam atau kemampuan berenang yang rumit dan eksepsional. Anda cukup mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik agar dapat menikmati olahraga kano. Manfaat dari olahraga air kano ini adalah mengecangkan otot lengan Anda.

Surfing

Photo by Nicole Honeywill on Unsplash

Surfing ialah jenis olahraga air yang dilakukan dipermukaan air dengan mengendarai gelombang air/ombak dari tengah laut menuju pantai. Olahraga ini memang memanfaatkan ombak sebagai sarana olahraganya, namun para peselancar atau surfer memerlukan alat tambahan seperti papan selancar atau surfboard. 

Anda cukup berdiri diatas papan selancar dan menunggu ombak datang. Maka dari itu Anda harus menemukan pantai yang memiliki ombak yang tinggi dibagian tengah lautnya. Bagi atlet surfer, gelombang laut yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. 

Manfaat dari olahraga ini adalah membantu persoalan kesehatan mental, mandapatkan tidur lebih baik, membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan menghilangkan stres.

Renang

Pixabay.com

Berenang merupakan jenis olahraga yang telah ada sejak jaman dulu dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya. Olahraga renang dapat dilakukan secara beregu maupun perorangan. Jenis olahraga air ini menggunakan kaki dan lengan untuk bergerak di dalam air. 

Olahraga tersebut dapat dilakukan di dalam ruangan maupun di alam terbuka misalnya sungai, laut ataupun danau. Dengan sejarahnya yang cukup panjang dan populer membuat olahraga renang di olimpiadekan dan dimasukkan ke dalam cabang olahraga dengan tingkat turnamen. Olahraga renang memiliki beberapa gaya yang dapat digunakan seperti gaya kupu kupu, gaya punggung, gaya bebas dan gaya dada.

Olahraga renang memiliki banyak manfaat bagi tubuh bahkan ahli kesehatan juga merekomendasikan bagi anda yang memiliki berat badan lebih atau memiliki masalah sendi dianjutkan untuk melakukan olahraga renang. *** (SS)

SHARE