Teknologi Populer yang Sudah Diprediksi Bill Gates - Male Indonesia
Teknologi Populer yang Sudah Diprediksi Bill Gates
MALE ID | Digital Life

Siapa yang tidak tahu dan kenal dengan Bill Gates. Pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia ini memiliki segudang kejeniusan yang sulit dilampaui orang normal. Saking jeniusnya dirinya bahkan bisa meramalkan kejadian-kejadian yang terjadi di masa depan.

Photo by Ibrahim.ID on Wikipedia

Pada tahun 1999, Bill Gates menulis buku yang berjudul Business @The Speed of Thought. Dalam buku tersebut, Gates membuat 15 prediksi tentang perkembangan teknologi internet yang akan terjadi di masa depan.

Menariknya, prediksi-prediksi tersebut dibuat Bill Gates benar terbukti menjadi kenyataan dan sebagian besar teknologi tersebut tidak dapat terlepas dari keseharian Anda. Dari 15 prediksi, berikut tujuh prediksi teknologi yang kini jadi kenyataan.

Pembayaran dan Layanan Kesehatan Online
“Manusia akan dapat mengurus keuangan dan tagihan mereka dengan internet. Selain itu mereka juga bisa berkomunikasi dengan dokter via online” ujar Gates dalam bukunya. 

Saat ini orang sudah dapat mengurus keuangan mereka dengan m-banking sehingga tak perlu lagi repot-repot ke ATM. Selian itu, beragam transaksi keuangan saat ini sudah semakin maju dengan hadirnya uang elektronik seperti e-money dan hadirnya platform pinjaman online.

Selain itu, layanan kesehatan berbasis online juga sudah hadir. Saat ini banyak platform kesehatan yang menyediakan jasa konsultasi kepada dokter langsung seperti Halodoc dan Alodokter. Platform tersebut memungkinkan pasien tidak perlu datang ke rumah sakit terlebih dahulu.

Kamera Pengawas
Saat itu, Gates meramal akan ada kamera pengawas yang dapat dihubungkan ke internet sehingga dapat dilihat pengguna saat pemilik tak berada di rumahnya. Saat ini teknologi tersebut bernama CCTV. Bukan hanya rumah, saat ini CCTV sudah digunakan di setiap jalan bahkan perkantoran.

Diskusi Secara Live
Gates memprediksi bahwa nantinya masyarakat akan dapat berdiskusi bersama-sama. Berbasis internet masyarakat akan bisa saling berdiskusi dengan masyarakat di negara lain.

“Sambil menonton pertandingan olahraga di televisi, nantinya ada layanan yang memungkinkan Anda untuk mendiskusikan apa yang sedang berlangsung, dan mengikuti kontes di mana Anda memilih siapa yang menurut Anda akan menang." ujarnya Gates. 

Hal tersebut sudah dapat dinikmati dengan fitur live streaming yang saat ini sudah populer di platform seperti Facebook, Youtube maupun Instagram.

Perangkat Seluler
“Suatu hari manusia akan membawa perangkat kecil ke manapun mereka akan bepergian. Perangkat itu berfungsi menghubungkan sesama manusia, mengakses berita, melihat informasi penerbangan, mendapat informasi dari pasar keuangan, dan melakukan hal lainnya.” ujarnya Gates.

Kini hampir semua masyarakat modern di seluruh dunia sangat bergantung dengan yang namanya perangkat pintar, seperti smartphone, tablet ataupun smartwatch.

Asisten Virtual
Saat ini asisten virtual cerdas sudah dapat ditemukan di perangkat ponsel Anda. Google Assistant, Siri, Alexa, dan Cortana merupakan deretan asisten virtual populer yang banyak digunakan orang banyak. Saat itu, Gates memprediksikan akan ada sisten virtual yang dikembangkan dengan kemampuan teknologi guna mempermudah pekerjaan manusia.

Media Sosial
Gates meramal akan ada situs web pribadi untuk teman dan keluarga yang akan menjadi umum saat memperlihatkan maupun merencanakan sebuah acara. Pernyataan tersebut pun menjadi kenyataan dengan hadirnya platform media sosial saat ini. Sudah banyak sekali platform media sosial yang bermunculan dan populer saat ini, seperti Facebook, Instagram, Snapchat dan sebagainya.

Rekrutmen Kerja Online
Berbagai platform pencari pekerjaan saat ini menjadi sangat populer di kala seseorang mencari pekerjaan idaman mereka. Seperti LinkedIn dan Jobstreet misalnya, lewat plaform ini perusahaan maupun pencari kerja dapat bertemu untuk selanjutnya melakukan proses rekrutmen. *** (SS)

SHARE