Mau Coba Bodyboarding, Pastikan Anda Siap! - Male Indonesia
Mau Coba Bodyboarding, Pastikan Anda Siap!
MALE ID | Sport & Hobby

Bodyboarding adalah hobi ekstrem yang mirip seperti surfing. Bedanya ada pada teknik berseluncur yang digunakan kedua olahraga berselancar tersebut.

Photo: Flickr upload bot on Wikipedia

Kendati memiliki perbedaan, beberapa mengatakan bahwa bodyboarding adalah bentuk paling awal dari berselancar. Kebanyakan orang mengendarai gelombang pertama mereka pada liburan eksotis. 

Sedangkan bodyboarders yang telah ahli menganggapnya sebagai olahraga yang serius, di mana Anda memperlakukan gelombang sebagai jalan untuk menarik trik. Bagi Anda yang ingin mencoba olahraga ekstrem ini, berikut cara memulainya yang dilansir dari berbagai sumber.

Siapa yang Bisa Melakuka Bodyboard?
Bodyboarding tidak dibatasi oleh usia, tetapi Anda harus memiliki kemampuan berenang, kekuatan, dan kebugaran yang baik. Anda harus menggunakan banyak teknik yang Anda gunakan untuk berenang untuk menggerakkan papan, dan lebih jauh lagi, Anda harus menjadi perenang yang baik untuk berenang tanpa papan Anda jika Anda disapu bersih. 

Selain itu, Anda hanya harus mencoba bodyboarding jika Anda tahu bahwa kondisi laut aman dan ada penjaga yang bertugas. Anda harus mencoba bodyboarding dengan teman atau instruktur daripada sendirian. Setelah Anda merasa lebih nyaman, Anda bisa mencobanya sendiri. Selain itu, bagi pemula lebih baik bermain-main di area dangkal lebih dahulu.

Memilih Papan Seluncur yang Tepat
Papan seluncur dalam permainan ekstrem bodyboarding sangat berperan penting dalam keselamatan dan kesuksesan memainkannya. Tak hanya ombak yang harus diperhatikan dalam bermain bodyboarding tetapi harus memilih jenis papan seluncur yang tepat. 

Papan seluncur yang dipakai tentu saja berbeda dengan papan surfing. Papan ini biasanya terbuat dari busa dan plastik. Ini merupakan papan string dalam olahraga bodyboarding. Carilah papan seluncur yang benar–benar nyaman agar  merasa lebih leluasa dalam bodyboarding.

Mendayung
Setelah mendapatkan papan yang tepat, saatnya Anda melakuan olahraga ini. Anda perlu jalan ke dalam air dengan papan Anda sampai di sekitar lutut. Angkat tinggi kaki Anda dengan setiap langkah untuk menghindari jebakan. Anda harus mulai mencari gelombang air putih yang langsung masuk ke pantai.

Setelah Anda berhasil membuat lutut jauh ke dalam air, naik ke papan dalam posisi yang benar dan mulai mendayung keluar menuju ombak. Gunakan gerakan mendayung dengan tangan Anda dan tendang dengan kedua kaki Anda tepat di bawah permukaan air untuk gerakan terkuat. Hidung papan harus sekitar 1-2 inci (2,5-5 cm) di atas air.

Cari Gelombang Anda 
Jika Anda baru memulai, Anda harus menghindari gelombang yang terlalu tinggi dan cepat, atau umumnya keluar dari zona nyaman Anda. Pilih gelombang yang langsung menuju ke arah pantai dan yang tidak akan membuat Anda melakukan perjalanan terlalu tinggi atau terlalu cepat. 

Setelah Anda menemukan gelombang Anda, Anda harus memutar menuju pantai dan mulai menendang ke arah itu, menunggu untuk dibawa ke depan oleh arus gelombang. Gelombang harus cukup curam untuk bergerak maju, tapi tidak harus muncul.

Pelajari Terminologi Gelombang
Memahami bagian-bagian yang berbeda dari gelombang akan membantu Anda mengembangkan keterampilan dan mempelajari trik, karena Anda akan tahu apa yang harus diawasi. Berikut adalah bagian dari gelombang yang harus Anda ketahui. 

Bibir. Bagian pecahan dari gelombang yang bergerak dari atas ke bawah. Kecuraman gelombang menentukan bentuk bibir. Arung. Ini adalah bagian dari gelombang yang sudah patah. Wajah. Yang tidak terputus, membentengi bagian dari gelombang. Bahu. Bagian dari gelombang yang hanya di luar bagian pemecahan wajah gelombang. Datar. Air datar yang Anda lihat di depan pecahan gelombang. Tabung. Lubang berongga antara bibir dan dinding gelombang. *** (SS)

SHARE