Liam Neeson Hadapi Masalah Besar Bernada Rasis - Male Indonesia
Liam Neeson Hadapi Masalah Besar Bernada Rasis
MALE ID | News

Pemutaran perdana film terbaru Liam Neeson, Cold Pursuit, di New York dibatalkan pada 5 Februari 2019 setelah gelombang kontroversi menghantam akibat pernyataan yang dikeluarkan sang aktor. Bahkan gelaran karpet merah dibatalkan hanya beberapa jam sebelum jadwal mulai.

Karen Seto/flickr

Sebelumnya, Liam Neeson mengaku bahwa bertahun-tahun lalu ia pernah berjalan dengan membawa senjata usai teman baiknya mengungkapkan telah diperkosa oleh seorang berkulit hitam.

“Saya berjalan-jalan membawa tongkat pendek, berharap seseorang akan mendekati saya dengan niat buruk. Saya malu mengatakan hal ini, dan saya melakukannya sekitar seminggu setelahnya,” kata Neeson, melansir dari CNN.

“Saya berharap para bajingan berkulit hitam akan keluar dari pub dan mengganggu saya, kau tahu? Jadi saya bisa membunuhnya,” ujarnya.

Kalimat tersebut langsung memicu berbagai reaksi. Tak hanya kontra, ada pula yang mendukung dan membela Liam Neeson. Seperti atlet John Barnes yang menyebut dirinya dapat memahami pernyataan itu. Bagi Barnes, Neeson layak mendapat medali.

Menanggapi kontroversi atas ungkapannya, Neeson memberi klarifikasi yang mengatakan bahwa hal itu sudah terjadi lama sekali. Ia mengaku dirinya dikonsumsi kemarahan setelah peristiwa pemerkosaan yang menimpa kawan dekatnya tersebut. Pada saat itu, ia sampai mencari dukungan mental dari pendeta.

“Karena teman saya telah diperkosa secara brutal dan saya pikir, saya mempertahankan kehormatannya, saya mengakuinya. Ini adalah kurva pembelajaran,” ucap Neeson saat menjadi tamu di acara Good Morning America, seperti dilansir dari NME.

“Kita berpura-pura semuanya benar secara politis. Di negara ini, negara yang sama dengan negara saya, kadang Anda hanya menggaruk permukaan dan menemukan segala rasisme dan kefanatikan. Dan itu nyata,” kata aktor yang berasal dari Irlandia itu.

Dikatakan, sekalipun film Cold Pursuit gagal diputar perdana di New York, jadwal tayangnya akan tetap sama. Di film tersebut, Neeson berperan menjadi Nels Coxman, supir pembajak salju.

Liam Neeson masuk dalam daftar bintang yang turut mempresentasikan piala dalam Oscar 2019. Tapi belum jelas apakah kontroversi di atas berdampak pada jadwal terkait. [GP]

SHARE