Pusing! Tips Mudah Lunasi Tagihan Kartu Kredit | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pusing! Tips Mudah Lunasi Tagihan Kartu Kredit
Gading Perkasa | Works

Hampir sebagian besar pria urban menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebenarnya, penggunaan kartu tersebut membawa keuntungan jika Anda mampu mengelolanya dengan baik. Anda bisa membeli barang keinginan tanpa perlu mengeluarkan uang tunai.

Photo by rawpixel.com from Pexels

Namun apa jadinya jika tagihan kartu kredit sudah jatuh tempo? Anda tentu harus melunasinya, berapa pun jumlah tagihan itu.

Seperti dilansir dari Forbes, di bawah ini terdapat sejumlah cara mudah agar Anda dapat melunasi tagihan kartu kredit tanpa repot.

Bayar Tagihan yang Bunganya Tinggi
Anda dianjurkan membayar tagihan kartu kredit dengan bunga paling tinggi terlebih dahulu, ini karena tagihan lebih berbahaya kalau Anda lalai membayarnya setiap jatuh tempo.

Sebuah studi menyebut, membayar tagihan kartu kredit yang rendah akan membuat pikiran lebih tenang dan santai karena jumlahnya kecil. Padahal, ada tagihan yang jumlahnya lebih besar. Saat sudah merasa santai, bukan mustahil Anda kebingungan mengumpulkan uang untuk membayar tagihan yang lebih besar.

Bayar Tagihan Dua Minggu Sekali
Daripada membayar tagihan kartu kredit sebulan sekali, jauh lebih baik jika Anda mengambil opsi pembayaran dua minggu sekali.

Ada dua kelebihannya. Pertama, Anda dapat menurunkan saldo pokok dan menghemat biaya bunga. Kedua, Anda membayar 26 kali, dimana jumlahnya lebih besar, namun jumlah itu nantinya bakal membantu menurunkan saldo pokok Anda.

Anda juga dapat menggunakan bonus atau pengembalian pajak yang Anda miliki untuk membayar tagihan. Tidak ada hukum spesifik mengenai hal ini, jadi bukan masalah.

Gunakan Kartu Kredit APR 0 %
APR atau Tingkat Presentase Tahunan adalah suku bunga yang diterapkan pada kartu kredit setiap tahunnya. Anda bisa membuat kartu kredit baru dengan APR 0 % guna membantu melunasi tagihan Anda saat ini.

Cukup pindahkan saldo kartu kredit lama ke kartu kredit baru. Sehingga Anda bisa membayar tagihan tanpa bunga dan memiliki tambahan waktu.

Pinjaman Personal
Anda dapat melakukan pinjaman personal dalam rangka membayar tagihan kartu kredit. Besaran pinjaman bervariasi, dan Anda harus melunasinya di rentang waktu 2 - 7 tahun, tergantung persetujuan pihak pemberi.

Syaratnya, miliki profil kredit yang kuat agar meyakinkan pemberi pinjaman. Jika dihitung, cara ini akan menghemat pengeluaran tagihan Anda.

Bayarkan Tepat Waktu
Meski jumlahnya besar, itu risiko yang harus dihadapi. Anda sudah siap membayar tagihan kartu kredit berapapun jumlahnya. Menghindar dari pembayaran hanya memperbesar jumlah tagihan karena bunga yang diterapkan.

Jika Anda punya banyak kartu kredit, bayar satu per satu terlebih dahulu. Jangan lihat nominal saat digabungkan, karena itu akan membuat Anda semakin menghindar. Pikirkan pertambahan bunga jika Anda terus menunda. [GP]

SHARE