Tempat Wajib Saat Anda Berlibur di Srilanka - Male Indonesia
Tempat Wajib Saat Anda Berlibur di Srilanka
Sopan Sopian | Relax

Sri Lanka merupakan sebuah negara kecil yang dekat dengan Maladewa atau Maldives. Apabila dibandingkan dengan Pulau Sumatera atau Jawa memang Sri Lanka lebih kecil. 

Akan tetapi jangan salah, walau awalnya pulau itu digunakan hanya untuk perdagangan, hari ini Sri Lanka adalah negara yang diakui lebih dari itu. Layaknya tempat wisata di Asia Tenggara lainnya, destinasi wisata yang ada di Sri Lanka tak bisa dipandang sebelah mata.

Alam Liar di Taman Nasional Yala

Photo by dronepicr on Flickr

Taman Nasional Yala bukan taman nasional terbesar di Sri Lanka, tetapi merupakan taman yang paling terkenal. Rumah bagi jaguar terbesar di dunia. Yala dianggap sebagai salah satu taman liar terbaik di luar Afrika. 

Lebih dari setengah taman seluas hampir 380 mil persegi ditutup untuk umum. Hal itu untuk digunakan sebagai tempat perlindungan bagi hewan-hewan. Selain dari kucing liar, pengunjung dapat melihat banyak gajah, beruang sloth, monyet, rusa, dan lebih dari 100 spesies burung. 

Selain itu, Anda juga bisa menikmati Safari Jeep dan bungalow semalam yang dapat dipesan terlebih dahulu, sehingga Anda bisa memastikan tidak ada pemandangan atau suara hutan yang terlewatkan.

Pantai yang Indah

Photo by Magnus Manske on Wikipedia

Pantai-pantai di Sri Lanka masing-masing memiliki reputasi yang berbeda. Teluk Arugam, misalnya, memiliki ombak yang menarik banyak peselancar. Sementara itu, Unawatuna adalah pantai komersial paling terkenal di pulau itu, membawa ratusan turis setiap tahun. Untuk pengalaman pulau sejati yang jauh dari keramaian, bidik surga tropis Tangalla.

Tur Desa dengan Kereta Api

Maxpixel.net

Warga tahu cara terbaik untuk berkeliling Sri Lanka bukan dengan mobil tetapi dengan kereta api. Berasal dari tahun 1800-an, sistem kereta api negara ini berputar di seluruh kota-kota besar dan di pedesaan yang subur. 

Saat itu, rel digunakan untuk mengangkut teh, kopi, dan rempah-rempah terutama di dalam dan keluar dari Kolombo, ibukota negara itu. Hari ini, meskipun sebagian besar gerbong kereta kembali ke pertengahan 1900-an, tapi digunakan tidak hanya sebagai cara untuk mengangkut barang tetapi untuk berkeliling pedesaan dengan gaya retro.

Kuil Emas Dambulla

Photo by McKay Savage on Flickr

Tidak ada pengunjung yang bisa meninggalkan Sri Lanka tanpa mengunjungi Situs Warisan Dunia UNESCO yang paling ikonik. Kuil gua dan lukisan serta arca Buddha telah menjadi situs aktif selama lebih dari 2.000 tahun. Mudah dikenali dengan patung emas raksasa di depan gua.

Selain itu, pengunjung yang ingin menjelajahi gua dan kuil batu harus memanjat tanpa alas kaki di tanah untuk melihat mosaik dan tempat pemujaan yang indah di dalamnya. *** (SS)

SHARE