5 Cara Tingkatkan Rasa Bahagia Saat Bekerja - Male Indonesia
5 Cara Tingkatkan Rasa Bahagia Saat Bekerja
MALE ID | Works

Adakalanya seseorang mengalami kejenuhan dalam menjalani profesinya sebagai karyawan. Hal ini membuat kehilangan semangat kerja. Akibatnya, pekerjaan yang ditugaskan tidak dapat diselesaikan dengan baik.

Bekerja - Male IndonesiaPhoto by Tim Mossholder on Unsplash

Jika Anda mengalami masa-masa sulit atau kejenuhan di tempat kerja atau kurang memiliki kepuasan kerja, Anda perlu melakukan cara-cara berikut ini untuk meningkatkan mood Anda dan memiliki hari kerja yang lebih bahagia.

1. Mengatur Kehidupan Kerja Anda
Jika hari kerja Anda sering membuat Anda merasa stres dan kewalahan, sekarang saatnya untuk menenangkan diri Anda dengan menjadikannya lebih teratur.

Pertama, pastikan Anda tiba beberapa menit lebih awal untuk bekerja agar Anda punya waktu untuk bersiap secara mental untuk hari itu. Kedua, atur ruang atau meja kerja Anda yang berantakan. Hal ini termasuk membersihkan email lama.

Ketiga, buat daftar semua yang perlu Anda lakukan hari itu sesuai urutan prioritas. Jika Anda bisa, cobalah mengurus hal-hal yang lebih sulit terlebih dahulu untuk membantu mengurangi beban pikiran Anda.

2. Kenakan Pakaian yang Bisa Meningkatkan Mood
Meskipun banyak dari Anda diharuskan mengenakan seragam atau mematuhi aturan berpakaian untuk bekerja, jika Anda memiliki kebebasan lebih untuk berpakaian sesuai keinginan, cobalah memilih pakaian atau aksesori yang meningkatkan mood Anda.

Pakaian yang meningkatkan kepercayaan diri, menambahkan sesuatu yang istimewa pada pakaian kerja Anda yang usang, benar-benar dapat mencerahkan hari Anda dan membuat Anda merasa bahagia di dalam diri Anda sendiri saat bekerja.

3. Berikan Variasi ke Hari-Hari Kerja Anda
Memiliki aktivitas rutin yang sama, dapat dengan cepat menyebabkan kebosanan dan ketidakpuasan, jadi cobalah membuat setiap hari sedikit berbeda. Anda bisa melakukan tugas-tugas rutin dalam urutan yang berbeda, berbicara dengan seseorang yang baru atau mengambil rute yang berbeda saat pergi bekerja. 

Mungkin bahkan menggunakan moda transportasi yang berbeda, seperti bersepeda, jika itu memungkinkan. Kemudian apabila Anda benar-benar tidak dapat mengubah hari kerja Anda sendiri, alih-alih cobalah mengatur sesuatu yang menyenangkan dan berbeda untuk dilakukan pada istirahat makan siang Anda setiap beberapa hari. 

4. Aktif Ketika Jam Istirahat
Berikan diri Anda dorongan kebahagiaan instan dengan beberapa olahraga pada jam istirahat makan siang Anda. Olahraga baik untuk meningkatkan mood dan melepaskan stres, juga melepaskan zat kimia di otak seperti endorfin dan anandamide yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa baik.

5. Bersikap Positif dan Ramah
Terlepas dari bagaimana perasaan Anda, cobalah untuk mengambil sikap positif dan ramah ketika berbicara dengan rekan kerja Anda. Cobalah selesaikan konflik apa pun yang pernah terjadi, hindari gosip kantor dan perlakukan semua orang seperti Anda ingin diperlakukan.

Penelitian menunjukkan bahwa tindakan tersenyum sebenarnya dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, jadi cobalah untuk tersenyuman untuk meningkatkan mood dan kebahagiaan di tempat kerja Anda. *** (SS)

SHARE