Beda! Olahraga yang Sering Dianggap Squash - Male Indonesia
Beda! Olahraga yang Sering Dianggap Squash
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Mungkin Anda sudah familier dengan olahraga Squash, olahraga yang dilakukan oleh dua orang di dalam sebuah ruangan tertutup dengan saling berbalas memukulkan bola Squash ke sebuah sisi ruangan yang menghadap kedua pemain (yang mana kegiatan ini disebut rally).

Pixabay.com

Perlu Anda ketahui, ternyata ada olahraga yang mirip dengan Squash, yakni Racquetball. Racquetball berbeda dengan permainan raket lainnya. karena sebagian besar pemain kompetitif mengenakan sarung tangan di raket mereka untuk tujuan mendapatkan pegangan yang lebih baik pada raket (meski sarung tangan adalah perlengkapan opsional).

Selain itu, pemain umumnya mengenakan kaos lengan pendek dan celana pendek yang nyaman, serta sepatu olahraga raket yang dirancang untuk memungkinkan gerakan lateral serta maju dan mundur yang cepat.

Racquetball ditemukan oleh Joe Sobek pada tahun 1950. Sobek, seorang pemain tenis dan squash profesional Amerika. Sobek mencari olahraga yang serba cepat yang mudah dipelajari dan dimainkan yang menggabungkan elemen squash, handball, dan paddleball.

Sobek awalnya menamakan olahaga temuannya ini dengan nama 'Paddle Rackets' atau 'raket dayung'. Karena, di awal-awal rancangannya, ia menggunakan dayung, dan kemudian menyusun seperangkat aturan berdasarkan aturan squash, handball, dan paddleball, dan menamainya Paddle Rackets.

Pada bulan Februari 1952, Sobek mendirikan National Paddle Rackets Association (NPRA), memperbaiki peraturan, dan mencetaknya pada sebuah buku kecil. Olahraga baru ini kemudian dengan cepat diadopsi dan menjadi populer melalui promosi terus menerus.

Pada 1969, dibantu Robert W. Kendler, presiden-pendiri Asosiasi Handball AS (USHA). Kemudian, nama International Racquetball Association (IRA) didirikan dan dinamai oleh Bob McInerney, seorang pemain tenis profesional.

Pada tahun yang sama, IRA mengambil kejuaraan nasional dari NPRA. Pada tahun 1973, setelah berselisih dengan dewan direksi IRA, Kendler membentuk dua organisasi Racquetball lainnya, namun IRA tetap menjadi organisasi olahraga yang dominan, yang diakui oleh Komite Olimpiade Amerika Serikat sebagai badan pengatur Racquetball nasional Amerika.

Pada 1974, IRA menyelenggarakan turnamen profesional pertamanya. Pada tahun itu juga, IRA menjadi anggota pendiri Federasi Racquetball Internasional (IRF). Kemudian IRA berganti nama menjadi American Amateur Racquetball Association (AARA). Pada akhir 1995, ia berganti nama menjadi United States Racquetball Association (USRA). 

Pada tahun 2003, USRA kembali berganti nama menjadi USA Racquetball (USAR), untuk mencerminkan asosiasi olahraga Olimpiade lainnya.

Permainan
Tujuan dari Racquetball adalah untuk memenangkan poin dengan memenangkan reli. Bola yang ditembakkan harus mengenai dinding depan dan dikembalikan dengan tidak lebih dari satu bouncing. Permainan Racquetball bisa dimainkan oleh dua, tiga atau empat pemain.

Menurut aturan USA Racquetball untuk memenangkan permainan, pemain (atau tim ganda) harus memenangkan dua pertandingan. Game dimenangkan dengan mencapai 15 poin atau, dalam game ketiga yang menentukan jika diperlukan, memiliki 11 poin. Tidak perlu menang dengan dua poin yang jelas. Sehingga akan dibaca 15–14, 14–15, 11–10. *** (SS)

SHARE