Cara Simpel Mencegah Kelebihan Berat Badan - Male Indonesia
Cara Simpel Mencegah Kelebihan Berat Badan
Sopan Sopian | Sex & Health

Mejaga kelebihan berat badan rasanya lebih sulit daripada membuat berat badan itu sendiri naik secara signifikan. Hal tersebut tak lepas dari bagaimana gaya hidup yang berlaku bagi setiap orangnya.

Berat Badan - Male Indonesiapixabay.com

Meski sebagian orang masih sulit untuk berubah dalam menanamkan gaya hidup sehat, akan tetapi tanpa disadari, gaya hidup sehat akhir-akhir ini semakin digandrungi. Hal tersebut terlihat dari survei yang dilakukan Shopee, di  mana dibandingkan 2017, penjualan produk olahraga di Shopee mengalami peningkatan. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan makanan sehat.

Definisi sehat secara umum ialah bebas dari berbagai penyakit, tidak ada keluhan fisik jadi bisa bebas beraktivitas. Tapi pada kenyataannya terkadang masih suka merasa cepat lelah, mengantuk, lemas bahkan naik tangga terasa ringan.

"Hidup sehat diartikan sebagai kondisi bebas dari penyakit serta tubuh yang terasa fit untuk beraktivitas dengan optimal. Tapi, pada kenyataannya sebagian besar masyarakat Indonesia masih berlebih tiga asupan Gula, Garam, Lemak (GGL)," ujar Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim.

Menurut Noviana, berpandangan bahwa, terkait kesehatan sekarang berbeda dengan zaman dahulu. Zaman dulu kebanyakan orang terkena penyakit menular, tapi sekarang menurut WHO 70 persen justru penyakit tidak menular. Bahkan di Indonesia, stroke, jantung, dan diabetes menjadi penyakit paling tinggi diidap.

"Kenapa makin banyak orang yang terkena penyakit tidak menular sebab metabolisme tidak lancar dan berat badan berlebih. Kedua hal itu mengawali yang mengawali penyakit tidak menular," ucapnya.

Secara umum, saat seseorang ingin menurunkan berat badan, banyak yang menggunakan cara mengurangi porsi makan, atau malah mengurangi jumlah waktu makan. Padahal cara tersebut tidak semuanya bisa disamakan untuk setiap individunya. Karena ada tipe orang yang memang suka atau doyan makan.

Noviana mengungkapkan bahwa, ada cara simpe untuk mengontrol berat badan. Caranya, mulailah batasi gula-garam Lemak. Kemudian, hitung gula tak hanya dari gula pasir tapi juga hidden yang terkandung dalam makanan sehari-hari. "Perhitungannya, gula: 50 gram atau 4 sdm, garam: 1 sdt, dan lemak: 5 sdm/57 gram," jelasnya. *** (SS)

SHARE