Dinas Ke Luar Kota Sambil Liburan, Kenapa Tidak! | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Dinas Ke Luar Kota Sambil Liburan, Kenapa Tidak!
Gading Perkasa | Relax

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dinas ke luar kota dan luar negeri, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati waktu traveling di sana. Meski jadwal padat, tapi Anda tetap dapat beristirahat sejenak dari pekerjaan.

Photo by bruce mars from Pexels

Jalan-jalan, baik sendiri maupun dengan pasangan bisa Anda lakukan. Tapi sebelumnya, baca dulu beberapa tips berikut agar traveling saat dinas ke luar kota berjalan lancar. Yuk simak!

Cek Jadwal Pekerjaan
Sebelum berangkat, ketahui apa saja pekerjaan yang akan Anda lakukan di kota tujuan dan berapa lama waktu pekerjaan selesai. Cek dalam satu hari adakah waktu Anda menikmati hal lain dan keluar dari pekerjaan.

Biasanya menjelang malam, agenda harian bisa selesai dan saat itulah kamu Anda bisa bersantai di kota tujuan. Namun ada baiknya Anda tidak pulang ke penginapan terlalu larut sehingga kurang energi untuk bekerja esok harinya.

Extend Beberapa Hari
Hanya punya waktu malam hari berjalan-jalan dan ingin merasakan kota tujuan saat masih terang? Ajukan extend pada atasan selama satu atau dua hari di kota tersebut. Dengan demikian, Anda punya waktu lebih banyak guna mengeksplorasi tempat perjalanan dinas Anda.

Tetapkan Rencana Pengeluaran
Setelah Anda memutuskan extend, pengeluaran harus mendapat perhatian khusus. Biasanya perusahaan hanya menyiapkan uang saku dan transportasi sesuai waktu yang ditetapkan. Nah, saat extend, Anda siapkan dana pribadi. Pisahkan uang pribadi dan uang saku dari perusahaan.

Buat itinerary di Kota Tujuan
Buat itinerary selama berada di kota tujuan. Cek dulu tempat wisata apa saja yang menarik dan dapat Anda kunjungi. Tidak perlu terlalu ambisius menjelajah semuanya, apalagi jika waktu Anda hanya sebentar.

Sesuaikan juga tempat yang akan dituju dengan ketersediaan dana. Anda wajib memikirkan perihal transportasi dan besaran dana untuk masuk ke sebuah tempat wisata.

Wisata Kuliner

Ini yang tak boleh dilewatkan saat perjalanan dinas ke luar kota. Biasanya tiap kota memiliki hidangan yang populer dan otentik.

Saat pekerjaan sudah beres, Anda bisa mampir ke restoran atau tempat makan yang direkomendasikan. Cobalah menu paling hits di tempat itu. Selain makanan berat, sempatkan cicipi jajanan hingga minuman khasnya.

Membeli Buah Tangan
Salah satu hal yang bisa dinikmati dari perjalanan dinas adalah berbelanja. Beli oleh-oleh untuk kerabat dan pasangan, tentunya. Sisihkan uang saku harian supaya Anda punya budget cukup.

Coba tanyakan pihak penginapan, atau browsing di internet tentang tempat belanja yang direkomendasikan di wilayah tempat Anda business trip. [GP]

SHARE