Kisah Produsen Ternama Kacamata Khusus Pria - Male Indonesia
Kisah Produsen Ternama Kacamata Khusus Pria
MALE ID | Looks

Kacamata Rayban merupakan salah satu brand yang cukup populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu modelnya adalah Rayban Wayfarer, tentu banyak dari Anda pernah memilikinya bukan?

kacamata hitam - male indonesia
Pixabay.com

Jauh sebelum populer di era sekarang, kacamata Rayban Wayfarer pernah berjaya di era 50-an. Bagaimana kisah dibalik popularitas Rayban yang mendunia?

Semula Dibuat untuk Pasukan Militer
Anda pasti tidak mengira kalau perusahaan kacamata yang berdiri di tahun 1937 silam ini awalnya hanya memproduksi kacamata hitam untuk seluruh anggota Angkatan Udara Amerika Serikat.

Kacamata hitam Rayban paling banyak dikenal adalah model Rayban Aviator yang pernah dipakai oleh Jenderal Douglas MacArthur saat mendarat di Filipina pada Perang Dunia II.

Perancangan Rayban Wayfarer
Setelah dikenal banyak orang di seluruh dunia, barulah di tahun 1952 Rayban menggandeng Raymond Stegerman untuk merancang model terbaru dari kacamata legendaris ini.

Jika awalnya produk kacamata Rayban ditujukan kepada anggota pasukan militer, maka Rayban Wayfarer justru dibuat jauh lebih fashionable hingga sukses menjadi desain kacamata paling banyak terjual dalam sejarah.

Dipopulerkan oleh Selebriti Hollywood
Rayban Wayfarer merupakan salah satu pionir kacamata bergagang plastik yang menjadi simbol kebangkitan semangat muda dan tren masculine look. Boleh dibilang banyak aktor dan aktris Hollywood memopulerkan kacamata desain teranyar dari Rayban sejak tahun 1961.

Sempat Kehilangan Penggemar di Tahun 70-an
Perjalanan bisnis yang dilalui tentu tidak mudah. Di sekitar tahun 1970-an, bahkan brand ini sempat kehilangan pamornya di pasar.

Tak berselang lama, berkat penampilan sejumlah musisi papan atas seperti Michael Jackson, Morrissey dll. membuat Rayban kembali memperoleh pasar di seluruh dunia.

Desain Simpel, Ringan, dan Fleksibel
Guna mempertahankan kejayaannya, di tahun 2000-an, desain kacamata Rayban Wayfarer mengalami perombakan bahan dasar berupa plastik injeksi. Selain itu, desain kacamata dibuat lebih minimalis, tapi tetap menampilkan ciri khas logam kecil di dua sisinya.

Ternyata sang desainer, Stegerman terinspirasi dari tokoh-tokoh penting dunia fiksi seperti karakter Clark Kent di film Superman dan Cyclops yang muncul di film X-Men. [GP]

SHARE