7 Jenis Penyakit yang Diakibatkan dari Berciuman - Male Indonesia
7 Jenis Penyakit yang Diakibatkan dari Berciuman
Sopan Sopian | Sex & Health

Ciuman selain memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh ternyata juga memiliki beberapa risiko kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh, terutama jika Anda dan pasangan melakukan ciuman bibir

ciuman kiss male indonesia
Photo by Matthew Hamilton on Unsplash

Artinya, Anda jangan anggap remeh dengan efek samping ciuman. Karenanya banyak menularkan beragam virus berbahaya bagi kesehatan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut 7 jenis penyakit yang diakibatkan dari ciuman.

Bisa Menularkan Penyakit HIV/AIDS
Salah satu efek negatif dari ciuman di bibir ialah bisa menularkan penyakit HIV. Hal itu terjadi bisa melalui air liur. Penyakit menular yang berbahaya ini bisa saja dimiliki kekasih Anda dan membuat Anda juga ketularan.

Siapa yang tahu kekasih Anda itu sehat-sehat saja? Apalagi jika Anda baru berhubungan beberapa bulan dengan kekasih Anda yang berarti Anda belum banyak mengenal bagaimana pergaulan kekasih Anda di luar sana. Sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk berciuman bibir dengan kekasih Anda jika tidak ingin terserang virus mematikan ini.

Influenza
Influenza mudah menular ke orang lain lewat berbagai cara. Salah satunya yakni dapat menular lewat lendir atau air liur. Biasanya sete;ah tertular dapat menunjukkan gejala bersin-bersin, batuk, dan flu ringan.

Herpes
Virus herpes juga dapat menular melalui ciuman. Tanda-tandanya yakni ada luka di sekitar pinggiran bibir yang sangat mengganggu. Anda harus mencegahnya, dengan cara tidak berciuman dengan pasangan yang mengalami sariawan.

Penyakit Hepatitis B
Penyakit Hepatitis B ini bisa menular melalui air mani, darah dan air liur dan penularannya yang paling mudah adalah ketika berciuman. Bahaya penyakit hepatitis ini bisa menimbulkan kerusakan hati, sirosis hingga kanker hati.

Jadi waspadalah jika Anda ingin berciuman bibir dengan pasangan Anda dan lebih baik lagi kalau Anda tidak melakukannya saat masih pacaran.

Virus Pernapasan
Virus dari berciuman dapat menularkan flu dan campak, juga infeksi pernapasan. Hindari berciuman dengan pasangan yang sedang kena flu, karena rentan menularkan virus kepada Anda. Apalagi hal ini terjadi saat sistem kekebalan tubh Anda menurun.

Penyakit Gusi
Meskipun penyakit gusi tidak menyebar melalui ciuman, Anda dapat mengalaminya karena pengaruh bakteri buruh. Lebih baik hindari ciuman bibir terlalu sering karena dapat menyebarkan bakteri yang dapat merusak gusi.

Kerusakan Gigi
Kerusakan gigi terjadi akibat paparan bakteri streptokokus. Kesempatan buruk ini muncul dari kebiasaan ciuman yang bisa dicegah.  *** (SS)

SHARE