Strategi Lolos di Masa 3 Bulan Pekerjaan Anda - Male Indonesia
Strategi Lolos di Masa 3 Bulan Pekerjaan Anda
MALE ID | Works

Masa percobaan kerja tiga bulan pertama dapat menjadi landasan untuk berbagai pencapaian karier di masa depan. Orang-orang sukses umumnya mengetahui hal itu sejak memulai sebuah pekerjaan baru.

Photo by rawpixel.com from Pexels

Kerja tiga bulan pertama di tempat baru adalah waktu yang tepat untuk menentukan tujuan karier, membuktikan kemampuan dan membangun ikatan sosial dengan tim. Terlebih, di masa-masa itu, seringkali menjadi tolak ukur kinerja Anda ke depan.

Bahkan para atasan akan lebih fokus menilai kinerja, sikap dan disiplin kerja Anda di perusahaan. Tak perlu khawatir MALEnials, sebab banyak trik yang bisa Anda terapkan agar lulus dari masa percobaan tersebut.

Berikut lima hal yang sebaiknya Anda lakukan di masa percobaan kerja tiga bulan, sebagaimana dilansir dari Business Insider. Antara lain:

Membentuk Jaringan
Membentuk jaringan sebenarnya tak sesulit anggapan sebagian besar orang. Bukan cuma membangun hubungan baik dengan rekan kerja, Anda juga wajib melakukan hal serupa pada atasan. Sebaiknya, Anda mulai bentuk jaringan sejak masih di masa percobaan.

Tidak Ragu Menunjukkan Kemampuan dan Pengetahuan
Banyak pegawai baru yang enggan atau ragu menunjukkan kemampuannya di kantor, termasuk saat sedang rapat. Di kondisi tertentu, sejumlah atasan justru mengharapkan pegawainya memiliki keberanian untuk berbagi pengetahuan.

Kenapa tidak Anda tunjukkan saja pengetahuan Anda? Asal jangan terlihat seperti ingin pamer kemampuan yang dimiliki.

Berusaha Mengembangkan Diri
Terus menunjukkan produktivitas secara konsisten dapat memberikan kesan yang baik bagi perusahaan. Di samping itu, Anda juga terus melakukan berbagai kebiasaan seperti menggali informasi yang dapat mengembangkan diri Anda di tempat baru.

Meminta Saran
Setelah bekerja satu atau dua bulan, Anda bisa berkonsultasi pada atasan langsung untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang tepat. Coba minta pendapatnya terkait bagaimana dia memandang kinerja Anda selama waktu tersebut. Jangan lupa meminta saran supaya Anda bisa lebih baik dalam bekerja.

Berani Memberikan Solusi
Jangan takut memberikan pendapat saat baru bergabung ke perusahaan baru. Banyak atasan merasa senang melihat pegawai barunya berani memberikan saran dan solusi terhadap persoalan yang tengah dihadapi tim. [GP]

SHARE