Mana yang Lebih Setia, Fans Apple atau Android? - Male Indonesia
Mana yang Lebih Setia, Fans Apple atau Android?
MALE ID | Digital Life

Dari hari ke hari, platform sistem operasi smartphone dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Artinya, sistem operasi hadir demi memudahkan kegiatan sehari-hari manusia dengan mudah.

Karlis Dambrans/flickr

Ambil contoh sistem operasi iOS dan Android. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Walau begitu, keduanya tetap memiliki pangsa pasar yang besar.

Sebuah survei terbaru menyebutkan, ternyata pengguna smartphone Android dan iOS sama-sama loyal dengan sistem operasinya.

Survei yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menemukan bahwa kedua sistem operasi tersebut mengantungi tingkat loyalitas tinggi dari setiap pengguna.

Smartphone Android misalnya, memiliki persentase loyalitas sebesar 92 %. Adapun Apple sedikit lebih rendah, dimana tingkat loyalitasnya menyentuh 91 %.

CIRP juga mengungkap, peningkatan loyalitas pengguna pada smartphone Android disebabkan siklus upgrade sistem operasi mereka lebih lama ketimbang iOS.

“Tingkat loyalitas pengguna Android ini paling tinggi dari yang pernah kami ukur. Masing-masing sistem operasi, sebetulnya sudah memiliki pengguna loyal,” ujar Mike Levin, co-founder CIRP.

“Semakin ke sini, pengguna merasa lebih nyaman dengan fitur dan konsistensi dari sistem operasi yang mereka gunakan. Sehingga semakin sedikit pengguna berpikiran untuk beralih ke sistem operasi lain,” ujarnya lagi.

Pengguna Android Lebih Loyal Ketimbang iPhone
Pada 2018 lalu, CIRP mengungkap loyalitas pengguna Android saat itu sudah mencapai 92 %. Sementara, loyalitas pengguna iPhone justru berada di belakangnya, yakni 89 %.

Dengan demikian, pengguna Android bisa dibilang lebih loyal terhadap platform-nya daripada pengguna iPhone, meskipun perbedaan di antara keduanya tak terlalu signifikan.

CIRP menyebut, kedua platform telah mencapai tingkatan loyalitas pelanggan tertinggi yang mengidentifikasikan bahwa kini lebih banyak pengguna bertahan dengan OS mereka (Android atau iOS) ketika membeli smartphone baru.

Dia menambahkan, pada dasarnya, selama tiga tahun terakhir sekitar 90 % pengguna smartphone di AS tetap menggunakan OS yang sama saat membeli perangkat baru.

Sebelumnya, Apple sesumbar tentang banyaknya pengguna Android yang beralih ke iPhone. Jika klaim Apple akurat, peluang kedua platform harusnya lebih mengandalkan basis pelanggan mereka sendiri untuk generasi mendatang.

Partner sekaligus co-founder CIRP lainnya, Josh Lowitz agak kurang setuju dengan perkiraan analis yang menyebut pembeli mudah berpindah dari satu platform OS ke lainnya. [GP]

SHARE