Bawa Vape Saat Liburan, Harus Paham Aturannya! - Male Indonesia
Bawa Vape Saat Liburan, Harus Paham Aturannya!
Sopan Sopian | Relax

Kegemaran memakai vape atau rokok elektrik sebagai pengganti rokok konvensional masih bertahan hingga sekarang. Pasalnya hal itu 'obat' dari rasa kencanduan terhadap rokok konvensional. 

Pixabay.com

Akan tetapi, bagaiman ketika Anda ingin melakukan traveling atau liburan, dan Anda ingin membawa vape? Padahal, ketika Anda ingin bepergian dengan pesawat, akan ada pemerisaan terhadap rokok elektrik ini, karena dinilai berbahaya. Untuk itu, ketika Anda ingin membawa vape saat liburan, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini.

Cari Informasi Destinasi Wisata Tujuan
Cari tahu destinasi wisata tujuan Anda cukup penting. Karena bisa saja vape atau rokok elektrik dilarang digunakan di destinasi yang Anda tuju. Sebagai contoh adalah negeri Gajah Putih, di sana Anda tidak hanya dilarang, tetapi bisa dipenjara 10 tahun jika melanggarnya. Beberapa negara lain yang juga melakukan pelarangan penggunaan dan perdagan vape adalah Brazil dan Uruguay.

Kemas Vape Sesuai Peraturan
Seperti disinggung di atas, bahwa ketika Anda ingi naik pesawat, banyak peraturan yang harus diikuti, seperti dilarang membawa senjata tajam hingga batasan cairan yang perlu dibawa. Vape memiliki cairan di dalamnya bukan? Apalagi batasan cairan yang boleh dibawa perkemasannya hanya 100 mililiter. 

Jadi Anda perlu lihat dahulu kemasan botol liquid Anda, apakah melebihi 120ml atau tidak. Jika itu lebih, tentu Anda tidak bisa membawanya dan harus merelakan untuk ditinggal. Jika Anda ingin tetap membawanya, Anda perlu memisakannya dengan membagi ciaran tersebut pada botol lain yang masing-masing isinya 100ml.

Kosongkan Vape Tank
Bukan hanya cairan, vape tank juga perlu Anda perhatikan. Lebih baik kosongkan vape tank Anda jika tidak ingin menjadi masalah dan liburan Anda gagal. Masalahnya adalah, ketika di kabin tekanan udaranya meningkat. Hal ini bisa membuat liquid tumpah dan peralatan yang Anda bawa bisa jadi basah.

Tempat Baterai
Beberapa penerbangan memang ketat dalam pemeriksaan barang elektronik, apalagi dengan kejadian powerbank yang meledak di kabin pesawat. Nah, Anda perlu membawa tempat baterai vapenya, agar aman dan tidak membahayakan yang lain.

Jangan Menyalakan Vape
Jangan menggunakan atau menyalakan vape di pesawat. Tentu Anda harus menghargai keselamatan di pesawat dan juga kenyamanan orang di sekitar Anda saat berada di pesawat. *** (SS)

SHARE