Tak Perlu Liburan, Redakan Stres Dengan Cara Ini - Male Indonesia
Tak Perlu Liburan, Redakan Stres Dengan Cara Ini
Gading Perkasa | Sex & Health

Jika Anda sedang merasa stres dan lelah, ada baiknya menghabiskan waktu di alam terbuka. Mengapa demikian?

Pexels

Menurut Niels Eek, seorang psikolog dan rekan pendiri institusi kesehatan serta kesejahteraan mental, Remente, menghabiskan waktu di alam terbuka merupakan solusi efektif untuk menekan rasa stres.

“Sejumlah pakar telah mengamati dan menyimpulkan ragam manfaat kesehatan terkait beraktivitas atau sekadar istirahat melewatkan waktu luang di alam terbuka,” kata Eek.

“Satu studi spesifik yang dipublikasikan oleh BioScience Journal menemukan, paparan udara alam segar dapat meringankan stres dan meningkatkan rasa percaya diri. Berada di alam terbuka membuat pikiran lebih terbuka dan peka pada sekitar Anda,” katanya lagi.

Bahkan, hasil studi dari University of Michigan menyebut, rutin berada di alam terbuka ampuh untuk meredakan depresi, kenangan buruk, menurunkan risiko beberapa jenis kanker tertentu dan hipertensi.

Namun, sejumlah pakar merekomendasikan bahwa cara terbaik dalam menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati yang buruk yaitu dengan memancing.

Sebuah survei di Australia melaporkan, pikiran yang lebih tenang merupakan salah satu manfaat utama yang bisa diperoleh dari memancing.

“Memancing adalah salah satu kegiatan atau olahraga paling populer di dunia. Hobi ini sudah dikenal secara global,” ujar Johan Attby, CEO sekaligus pendiri Fishbrain, aplikasi peralatan memancing.

Ia juga membeberkan empat manfaat dari aktivitas memancing untuk kesehatan. Antara lain:

Mempertajam Fokus
Memancing tentunya butuh konsentrasi guna mengetahui lokasi air tempat banyak ikan. Memusatkan satu hal pada satu waktu yang sangat santai, tetapi tetap menjaga fokus dan teknik pancingan.

Meningkatkan Keterampilan Analitis
Menentukan lokasi memancing terbaik dan mencari jalan keluar ketika menemukan hambatan dapat meningkatkan kemampuan analitis Anda. Hal ini juga bisa memberikan pengaruh baik pada bidang kerja yang Anda geluti.

Menambah Asupan Vitamin D
Menghabiskan waktu memancing adalah cara yang baik keluar rumah dan meningkatkan kadar Vitamin D dalam sistem tubuh.

Faktanya, penelitian dari American Journal of Geriatric Psychiatry menunjukkan, semakin banyak vitamin D yang Anda peroleh, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami depresi.

Istirahat dari Rutinitas

Memancing adalah pilihan terbaik memutuskan hubungan dengan rutinitas sementara waktu. Kegiatan ini bisa menjadi momen intropeksi diri, semacam meditasi yang memang memberikan ragam manfaat bagi kesehatan mental. [GP]

SHARE