The Mule: Keberuntungan Sang Kurir Narkoba | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
The Mule: Keberuntungan Sang Kurir Narkoba
Sopan Sopian | Review

Film The Mule merupakan film kisah nyata yang hebat, diangkat dari artikel New York Times dengan judul “The Sinaloa Cartel’s 90 Years Old Drug Mule” oleh Sam Dolnick.

Sam Dolnick dalam artikelnya menuliskan tentang seorang pria bernama Leo Sharp, veteran Perang Dunia II berumur 80 tahun yang menjadi kurir narkoba untuk kartel Meksiko. Tentunya film The Mule mengubah beberapa hal, salah satunya nama Leo Sharp yang menjadi Earl Stone.

Film The Mule mejadi film terbaru Clint Eastwood setelah film Gran Torino 10 tahun lalu. Clint Eastwood di sini bukan hanya duduk sebagai sutradara, tetapi juga berperan sebagai tokoh utama. Pemain pendukung diisi oleh Bradley Cooper, Manny Montana, Taissa Farmiga, dan Michael Pena.

Ringkasan
The Mule menceritakan seorang veteran Perang Dunia II yang berusia 90 tahun yang menjadi petani bunga sukses. Ia kerap mendapatkan penghargaan dari bunga-bunga yang ditanamnya. 

Demi mendapatkan kesuksesan sebagai petani bunga, ia mengorbankan keluarganya. Ia tak pernah menemui keluarganya demi pekerjaan yang ia lakoni, mulai dari tak peduli wisuda sampai pernikahan putrinya.

Suatu hari, bisnis Earl dalam bidang hortikultura itu bangkrut. Di sisi lain, ia sudah berjanji akan membiayai pernikahan cucunya. Beruntung saat acara pertunangan, seorang teman cucunya menawari Earl sebuah pekerjaan sebagai pengantar barang atau kurir.

Earl pun menyanggupinya dan ia pergi ke sebuah benkel dan diberikan sebuah tas besar untuk diantarkan. Syaratnya tas yang ia antar di dalam mobil tidak boleh dilihat, dan setelah berada di tempat tujuan, ia harus meninggalkan mobilnya selama satu jam dengan meninggalkan tas yang ia bawa.

Earl yang berkepribadian santai dan pengemudi yang santun pada lalu lintas. Membuat pengiriman pertama hingga beberapa pengiriman selanjutnya berjalan lancar. Hingga ia pun menjadi seorang kakek tua dengan keuangan yang mapan. 

Ia bisa memenuhi janjinya untuk membiayai pernikahan sang cucu. Bahkan, ia pun membatu pemilik bar yang bangkrut untuk membuka barnya kembali. 

Apa yang dilakukan Earl membuat senang petinggi kartel narkoba. Karena Earl berhasil meloloskan ratusan kilogram narkoba tanpa ketahuan. Karena kesuksesannya, petinggi kartel mengutus anak buahnya untuk belajar para Earl bagiamana ia berhasil mengantarkan narkoba tanpa tercium pihak kepolisian.

Tapi, justru itu membuat geram anak buah petinggi kartel, karena pengiriman narkoba lebih lamban dan jalur yang sudah ditentukan tidaklah sama. Tanpa disadari itulah keburuntungan Earl dari gaya santainya. 

Di pihak lain pasukan dan intel dari DEA (Drug Enforcement Administration) Colin Bates (Bradley Cooper) juga mengintai pergerakan kartel tersebut. Tapi pihak DEA tidak mengetahu nama dan usia Earl. Polisi hanya mengetahui julukannya, yakni 'pak tua'. Akankah Earl tertangkap?

Highlight
Berdurasi 116 menit, plot film ini tergolong sederhana dan penonton terus diajak mengikuti alur ceritanya. Menikmati tokoh veteran tua yang bermasalah dengan keluarganya dan kehidupannnya sendiri.

Dari segi penokohan, pengalaman di dunai film, Clint Eastwood memang tak bisa diragukan, ia berperan baik dalam film The Mule ini. Ia memberikan pesona seorang kakek tua dengan semua masalah kehidupanannya. 

Bahkan, ia membuat frustasi dan menggelitik penonton karena kelakuannya sebagai Earl, ada rasa kesal, khawatir, dan kocak atas tingkahnya yang santai, penggerutu, dan semaunya sendiri.

Para pemain pendukung pun bertindak baik menhidupkan cerita Earl. Begitu juga Bradley Cooper meski di film ini sebagai pemain pendukung. Namun ada scene antara Brad dan Clint ketika mereka bertemu di film ini yang mungkin akan cukup memorable buat para penonton yang menyaksikannya.

Pada intinya, film The Mule menjadi potret bergerak seorang pria di akhir hidupnya dengan penuh masalah, baik dari keluarga, bisnis, dan keputusan yang dipilih serta pada akhirnya akan menerima tanggung jawab atas pilihan yang telah ia buat. *** (SS)

SHARE