Kulit Gatal, Bisa jadi Anda Kena Penyakit Serius! - Male Indonesia
Kulit Gatal, Bisa jadi Anda Kena Penyakit Serius!
MALE ID | Sex & Health

Kulit yang gatal tentunya sangat menganggu aktivitas dan menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman. Rasa gatal biasanya muncul karena gigitan serangga, alergi atau adanya iritasi.

Photo by Orrling on Wikipedia

Tahukah Anda, ternyata tak hanya itu, rasa gatal juga bisa menandakan adanya penyakit serius dalam tubuh Anda. Dikutip dari Reader's Digest, rasa gatal harus diwaspadai jika terus muncul dan tak kunjung mereda. Berikut bebrapa penyakit serius yang ditandai atau menyebabkan rasa gatal ekstrem.

Penyakit Ginjal
Gatal yang intensif di seluruh tubuh sering terjadi pada orang dengan penyakit ginjal stadium akhir atau mereka yang menderita gagal ginjal kronis. Bahkan, sebuah studi oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan bahwa 42 persen pasien ginjal menderita gatal sedang sampai ekstrem.

"Beberapa orang menganggap kulit gatal itu sangat mengganggu. Rasa gatal yang amat sangat hingga membangunkan orang di tengah malam untuk menggaruknya," kata Anthony M. Rossi, MD, dokter ahli di Memorial Sloan Kettering Cancer Center dan Rumah Sakit Presbyterian New York.

Ilmuwan masih belum bisa mengungkap mengapa penyakit ginjal menyebabkan gatal-gatal. Tetapi sebagian dokter menduga itu ada hubungannya dengan penumpukan racun dalam tubuh sehingga ginjal tidak dapat membuangnya dari aliran darah.

Penyakit Liver
Kulit gatal di seluruh tubuh juga bisa menjadi tanda-tanda penyakit liver (hati). Jika liver tidak berfungsi dengan baik untuk mendetoksifikasi racun. Efeknya cairan yang dikeluarkan berupa asam empedu akan menumpuk. Penumpukan itulah yang menyebabkan rasa gatal.

Penyakit Tiroid
Kulit kering dan gatal berlebihan sering terjadi pada orang yang menderita hipotiroid. Ini karena jaringan kulit mengandung reseptor hormon tiroid yang mengalami penurunan aktivitas tanpa adanya hormon tiroid.

Penyakit Tulang Belakang
Kulit gatal kronis di bagian tengah atas punggung adalah ciri khas dari gatal neuropatik, yaitu gejala terjadinya kerusakan saraf. Gatal-gatal ini biasanya tidak disertai dengan ruam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit tulang belakang, baik karena usia atau cedera, dapat memberikan tekanan pada saraf, sehingga menghasilkan sensasi gatal pada kulit. *** (SS)

SHARE