Higuain, Calon Korban Kutukan Nomor 9 di Chelsea? - Male Indonesia
Higuain, Calon Korban Kutukan Nomor 9 di Chelsea?
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Gonzalo Higuain bergabung bersama Chelsea sebagai pemain pinjaman di pertengahan musim 2018/2019. Ia memilih nomor punggung 9 yang disebut-sebut merupakan angka keramat dan tak bisa dipakai sembarang pemain di tim asal kota London itu.


wikimedia commons

Memang, Gonzalo Higuain sangat sering memakai nomor yang identik dengan posisi penyerang tengah tersebut sejak berkostum Napoli di tahun 2013. Bahkan di timnas Argentina, ia juga mengenakan nomor punggung 9.

Ketika bermain untuk Real Madrid, ia memakai nomor 20. Sementara di River Plate, dua nomor ia gunakan, yakni 19 dan 29. Angka 9 memang menjadi angka keberuntungan Higuain, dimana ia tampil begitu beringas.

Bersama Napoli, Higuain berhasil memenangkan gelar pencetak gol tersubur Seri A Liga Italia pada musim 2015 - 2016. Catatan 36 gol dalam semusim membuatnya mencatat rekor gol terbanyak yang dicetak seorang pemain di satu musim Seri A. Dia menyamai rekor penyerang Torino, Ginno Rosetti pada tahun 1929.

Keberuntungan Higuain diuji dengan kutukan nomor punggung 9 di Chelsea. Sejak tahun 2004, sejumlah pemain The Blues yang memakai angka tersebut justru tampil melempem.

Pemain terakhir yang dianggap sukses mengenakan nomor 9 adalah Jimmy Floyd Hasselbaink. Didatangkan dari Atletico Madrid pada 2000, penyerang asal Belanda itu mencetak 88 gol dalam 177 laga bersama Chelsea. Di tahun 2004, Hasselbaink hengkang dari Stamford Bridge.

Setelahnya, terdapat nama-nama seperti Mateja Kezman, Hernan Crespo, Fernando Torres, hingga Radamel Falcao. Semuanya gagal bersinar di bawah nomor punggung 9.

Dua penyerang tengah tersubur Chelsea terakhir, Didier Drogba dan Diego Costa memilih menghindari angka keramat itu. Mereka mengenakan kostum bernomor 11 dan 19.

Alvaro Morata sempat dianggap mampu menghapus kutukan nomor 9 pada awal kedatangannya di Chelsea. Sebab, dia mampu langsung mencetak tujuh gol di delapan laga awal.

Namun setelah itu, performa apiknya seolah terhenti dan dia hanya mampu mencetak 11 gol di Liga Inggris. Awal musim 2018/2019, Morata memutuskan untuk mengganti nomor menjadi 29.

Media asal Inggris, Mirror bahkan sudah memprediksi jika Higuain akan melempem bersama Chelsea. Bukan hanya terkena kutukan yang sama, ia juga dinilai tak lagi mampu bersaing di kerasnya Liga Inggris jika melihat dari usianya. [GP]

SHARE