Musim Pancaroba, Penyakit ini Siap Menyerang Anda - Male Indonesia
Musim Pancaroba, Penyakit ini Siap Menyerang Anda
Gading Perkasa | Sex & Health

Musim pancaroba hadir saat peralihan dari hujan ke kemarau. Pada musim inilah, cuaca menjadi tidak menentu, seperti cerah dan panas di pagi hari namun berangin dan disertai hujan di sore hari.

Photo by rawpixel.com from Pexels

Kondisi tersebut sangat rentan bagi kesehatan. Suhu udara yang bergerak cepat menjadi lembap atau dingin dapat memudahkan virus dan bakteri berkembang di musim pancaroba.

Orang bakal lebih mudah sakit karena pergantian cuaca mengubah tekanan, komposisi, serta suhu udara. Karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dan mengenali apa saja jenis penyakit yang datang di musim pancaroba, melansir Klikdokter.

Demam berdarah
Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Genangan-genangan air yang ada pada musim pancaroba membuat nyamuk berkembang biak dengan cepat.

Jika Anda mengalami demam mendadak, disertai sakit kepala yang dirasakan sampai ke belakang bola mata, badan terasa lemah, mual dan muntah, dan pendarahan spontan, artinya Anda terkena demam berdarah.

Untuk pertolongan pertama, konsumsi obat penurun demam dan perbanyak minum air putih demi menjaga cairan tubuh.

Diare

Diare bisa terjadi kapan saja, tapi kondisi ini sering diakibatkan oleh virus dan bakteri yang terbawa angin dan melekat pada konsumsi makanan Anda. Makanan yang tidak bersih dapat menimbulkan diare.

Sehingga, Anda harus menjaga kebersihan diri serta mengenali apa yang dikonsumsi. Usahakan selalu mencuci tangan sebelum makan dan tidak makan di sembarang tempat.

Lindungi diri dari musim pancaroba dengan beristirahat cukup, olahraga teratur, menjaga kebersihan, dan mengonsumsi vitamin C.

Alergi dan asma
Perubahan panas menjadi dingin atau sebaliknya dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit seperti asma dan alergi. Kondisi itu bisa dipicu cuaca dingin atau debu yang dibawa oleh angin kencang.

Guna mencegah alergi dan asma, Anda wajib menggunakan masker saat berada di luar ruangan supaya terhindar dari debu. Jika Anda memiliki asma, jangan lupa selalu membawa obat pereda sesak napas.

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
Banyak orang tidak mengetahui penyakit ISPA, tetapi salah satu jenis ISPA yang cukup umum adalah common cold (dikenal juga sebagai flu).

Gejala ISPA antara lain demam, badan meriang, nyeri tenggorokan, batuk, dan pilek. ISPA disebabkan oleh infeksi virus, dan dapat disembuhkan apabila Anda beristirahat cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. [GP]

SHARE