Cara Anda Terlihat Keren dengan Jiwa Go Green - Male Indonesia
Cara Anda Terlihat Keren dengan Jiwa Go Green
Gading Perkasa | Looks

Isu lingkungan belakangan ini jadi sangat ramai dan dibicarakan di berbagai negara. Dampak buruk dari kerusakannya terlihat mengerikan. Namun, Anda enggak perlu khawatir, selama bisa menjaga lingkungan.

Pexels

Ada banyak cara buat menjaga lingkungan, salah satunya lewat fashion. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti tahapan berikut, sebagaimana dilansir dari laman Fashionbeans.

Permak Kembali Pakaian Lama
Di dunia fashion, menggunakan kembali pakaian lama dan diubah menjadi bentuk yang unik biasa dikenal dengan istilah vintage. Hal itu tidak melulu soal gaya, MALEnials. Sebab memakai pakaian atau produk vintage ini menandakan Anda juga ikut serta menjaga lingkungan.

Secara tidak langsung, Anda ikut mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya (tidak membeli pakaian baru kecuali memang benar-benar butuh). Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi keberadaan sampah tekstil yang kian hari makin menumpuk.

Kalau baju atau pakaian lama Anda masih dapat dipermak ulang dan dipakai kembali, kenapa tidak?

Pilih Pakaian Ramah Lingkungan
Cara berikutnya adalah memilih pakaian yang berbahan dasar ramah lingkungan. Seperti apa ciri-ciri pakaian tersebut? Pertama, Anda bisa memilih bahan yang terbuat dari katun organik. Pastikan item fashion itu animal free alias tidak menggunakan pengujian hewan, dan tanpa jaringan kulit hewan semacam bulu.

Selanjutnya, carilah pakaian yang bisa di daur ulang untuk diciptakan dengan kreasi baru. Satu hal paling penting, pilih mana fashion terbaik yang tidak memakai bahan kimia berbahaya.

Bijak Memilih Pakaian Berbahan Denim
Buat Anda penggila fashion dengan bahan dari denim atau jeans, sebaiknya perlu bijak dalam memilih. Kebanyakan, produk-produk fashion mengandung bahan berupa bubuk indigo.

Bubuk indigo merupakan pewarna dari senyawa organik biru yang biasa dipakai untuk memberi warna pada jeans. Penggunaannya menjadi isu lingkungan yang mengemuka.

Hal itu disebabkan sejumlah industri garment di Cina memakai bubuk tersebut dalam jumlah banyak dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Jika Anda sering membeli item berbahan dasar denim, sama halnya Anda menambah kerusakan lingkungan.

Oleh karenanya, pilih item fashion berbahan denim secara bijak dan cari tahu tentang brand ramah lingkungan.

Kini saatnya Anda lakukan tiga langkah sederhana di atas untuk menyelamatkan alam semesta. [GP]

SHARE