Kerja Makin Produktif,Berkat Hal Sederhana Ini - Male Indonesia
Kerja Makin Produktif,Berkat Hal Sederhana Ini
MALE ID | Works

Meja kerja ternyata bukan hanya sekadar 'markas' untuk mengerjakan tugas dan menyimpan barang. Meja juga bisa mendorong para profesional bekerja lebih maksimal.

Photo by Bench Accounting on Unsplash

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The Harvard Business Review, meja kerja yang berantakan dapat berdampak negatif terhadap produktivitas dan kemampuan Anda untuk melakukan tugas secara efisien di tempat kerja. 

Maka dari itu, rapikan meja kerja Anda dan hindar barang-barang yang tak berguna di meja kerja Anda. Lalu barang seperti apa saja yang tidak boleh ada di meja kerja Anda ini?

Permen
Menyimpan camilan di meja kantor tentu tidak dilarang. Namun hindari menyiapkan makanan manis, seperti permen, cookies, atau cokelat jika ingin tetap sehat dan tidak bertambah berat badan. Sebaiknya simpan kacang-kacangan yang sehat dan mengeyangkan sebagai camilan di sore hari atau ketika lembur. 

Cangkir Kopi Kotor
Cangkir kopi yang tidak dicuci tergeletak di sekitar dapat menambah kekacauan ruang kerja Anda. “Sebaiknya luangkan waktu sebentar dan tinggalkan cangkir kopi Anda di pantry segera setelah digunakan,” ujar manajer PR digital di AW Media Valli Vishnubhotla mengatakan kepada Business Insider.

Handphone
Sulit memang untuk dilakukan namun pakar memang menyarankan agar para profesional tidak menyimpan handphone mereka di meja. Bukan rahasia lagi jika hal tersebut dapat menggangu produktivitas karena membuat Anda terus-menerus melihatnya. Menurut riset, handphone bahkan bisa tetap menggangu bahkan ketika dimatikan. 

Barang-Barang Politik
"Meskipun semua orang berhak atas keyakinan dan pendapat mereka, rekan kerja Anda mungkin tersinggung dengan pandangan politik Anda," kata pelatih bisnis dan pengusaha Eugene Gamble kepada Business Insider. Ini dapat menyebabkan ketegangan dan konflik kerja yang tidak perlu. Gamble menyarankan agar pandangan politik dibuang jauh dari tempat kerja.

 Dokumen Legal
Jika Anda tengah mengurus persoalan hukum bersifat pribadi sebaiknya tidak menyimpan dokumen-dokumennya di atas meja kerja. Dokumen itu bisa saja dibaca rekan dan atasan kemudian membuat mereka berprasangka. Jika harus ditaruh di kantor, pastikan dokumen-dokumen itu disimpan dalam laci yang dikunci. *** (SS)

SHARE