Kecepatan Gareth Bale Melambungkan Wales - Male Indonesia
Kecepatan Gareth Bale Melambungkan Wales
MALE ID | Sport & Hobby

Walaupun terhenti di semi final saat meladeni Portugal, pemain nasional kesebelasan Wales ini manjadi salah satu yang menyita perhatian di turnamen Euro 2016. Pria dengan kecepatan lari luar biasa ini lahir di Cardiff tahun 1989. Bakat dan kecepatan Gareth Bale ditemukan oleh pemandu bakat klub Southampton saat Ia berusia 9 tahun kala bermain sepakbola turnamen 6v6 untuk Cardiff Civil Service Football Club. Bahkan saat sekolah Bale tak hanya menunjukkan bakatnya di sepakbola, tapi juga rugbi dan hokey.

[caption id="attachment_2161" align="alignnone" width="960"]kecepatan gareth bale Jon Candy/flickr.com[/caption]

Selain publik selalu mencermati kecepatan Garteh Bale, tendangan bebas mautnya yang menjebol gawang kesebelasan Slovakia di babak penyisihan grup, membuat mata penggila sepakbola terhenyak. Termasuk performa luar biasanya saat tim asuhan Chris Coleman menghadapi Rusia dan menjadi pemuncak klesmen group dalam babak penyisihan melampaui Inggris yang sempat mengalahkan Wales di pertandingan kedua. Walaupun Bale tak menghasilkan gol pada babak perpempat final saat melawan keseblasan penuh bintang, Belgia, tapi determenasi khasnya tetap menjadi bahaya bagi musuh yang menghadapinya.

Tanpa maksud mengabaikan keberadaan Joe Allen, Aaron Ramsey ataupun Ashley Williams, bisa jadi, kesebelasan Wales punya lain cerita di ajang EURO 2016 jika tanpa kehadiran kecepatan Gareth Bale. Seperti diketahui, negara ini tidak pernah mencapai putaran final di ajang kejuaraan besar setelah dihempaskan Brasil di perdelapan final Piala Dunia 1958. Pemain yang sebenarnya memenuhi syarat untuik menjadi pemain nasional Inggris ini menjadikan Wales merasa mempunyai nyawa lebih. Pengalaman beserta skill yang sudah tak diragukan bagaikan kekuatan ekstra kesebelasan dari negara yang menjadi bagian Britania Raya ini. Ketenangan serta mentalitas yang terjaga membawa spirit yang kuat ke rekan-rekan satu timnya.

Pada usia 16 tahun, kemahiran dan kecepatan Gareth Bale sudah membawa sekolahnya menjuarai kejuaraan sepakbola bawah usia 18 tahun, Cardiff & Vale Senior Cup. Karir profesionalnya dimulai di klub Liga Inggris, Southampton pada 2006. Bermain sebagai sayap kiri dan menjadi spesialis tendangan bebas, pemain termuda kedua setelah Theo Wallcot di The Saints ini akhirnya diminati Totenham Hotspur dan menjadi klub tempat Ia bernaung pada 2007. Agresifitasnya di lapangan membuat pelatih Spurs, Harry Redknapp memberinya posisi yang lebih menyerang.

Setelah 5 tahun bermain di London, bakat luar biasanya pun dilirik klub raksasa dunia, Real Madrid. Tak lama-lama, dengan gelimang pundi-pundi yang menggiurkan, tahun 2013 Bale akhirmya terbang ke ibukota Spanyol untuk bergabung bersama bintang-bintang sepakbola di klub tajir ini sekaligus memecah rekor transfer termahal dari Christiano Ronaldo. Bale yang ditransfer dengan angka 86 juta pounds beradaptasi dengan cepat mensejajarkan diri bersama mega bintang yang bertaburan. Tentu tak pernah terlupakan, momen di saat kecepatan Gareth Bale membuat pemain Barecelona kocar-kacir mengejarnya saat Final Copa Del Rey 2014 di Stadion Mestalla, Valencia dan menghasilkan gol yang membuat Los Blancos memenangkan piala itu untuk ke-19 kalinya.

Tak heran jika akhirnya Ia secara resmi dinyatakan sebagai pemain dengan lari tercepat di dunia setelah studi FIFA yang didukung oleh klub Meksiko, Pachuca, dengan kecepatan tertinggi hampir 23mph (26.9km/jam) dengan bola di kakinya.Maklum saja Bale sudah dapat berlari 100 meter dalam 11,4 detik saat masih anak sekolahan di usia 14 tahun.**MIND (boomsbeat.com, marca.com)
SHARE