Firman Utina: Sepak Bola Indonesia Memprihatinkan - Male Indonesia
Firman Utina: Sepak Bola Indonesia Memprihatinkan
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Firman Utina mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap industri sepak bola di tanah air. Hal itu menyusul berita terbongkarnya kasus pengaturan pertandingan yang melibatkan beberapa petinggi Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Photo by Gading Perkasa/Male.co.id

Bukan hanya prihatin, eks pemain andalan timnas tersebut rupanya juga memiliki kekhawatiran sendiri terkait kasus pengaturan pertandingan yang sempat heboh itu.

Bahkan, ia merasa takut apabila kasus pengaturan skor di Indonesia bakal membuat pemain muda enggan bermain sungguh-sungguh.

“Meluruskan hal ini (kasus pengaturan pertandingan-red.), saya sangat khawatir dengan anggapan dari orang-orang, termasuk para pemain muda. Saya takut jika nantinya mereka malah kapok untuk bermain lagi,” kata Firman ketika ditemui di Lapangan Hoki, Senayan, beberapa waktu lalu.

Ia kemudian melanjutkan, jika sejak awal para pemain muda sudah dihantui perasaan kapok, maka hal itu jelas berdampak pada masa depan sepak bola Indonesia. Menurutnya, bisa jadi tak akan ada lagi generasi muda yang ingin bermain sepak bola.

“Kalau dari kompetisi awal mereka sudah merasa takut, terus nanti siapa yang akan maju mengisi timnas,” ujar dia.

“Kasus pengaturan pertandingan, jika belum diselesaikan dengan baik, nantinya generasi berikutnya akan berpikiran sama, tak mau lagi berprestasi sampai bisa main di timnas. Karena jika mereka masuk timnas, tekanan akan lebih dari itu,” ujarnya lagi.

Soal kasus tersebut, Firman Utina pun mengatakan bahwa ia secara tegas meminta pada pihak yang berwenang untuk segera menanganinya sampai benar-benar tuntas.

“Saya juga sudah menegaskan kepada aparat, bila seandainya ada yang seperti itu, ya cepat dibasmi dan diungkap,” tuturnya.

Lebih lanjut, legenda sepak bola ini meminta agar para pemain muda tak terlalu ambil pusing. Sebab, tugas mereka adalah terus berlatih hingga memiliki segudang prestasi demi membangkitkan sepak bola tanah air.

“Saya harap, sekarang pemain tidak usah berlebihan memikirkan hal itu. Biar mereka berprestasi saja melambungkan sepak bola kita. Kalau soal masalah atau isu itu kan sudah ada yang menangani,” ucap Firman kepada MALE Indonesia. [GP]

SHARE