Banyak Manfaat! Saatnya Anda Mulai Rajin Berenang - Male Indonesia
Banyak Manfaat! Saatnya Anda Mulai Rajin Berenang
MALE ID | Sport & Hobby

Selain menjadi salah satu alternatif berolahraga, berenang juga jadi pilihan jika ingin berelaksasi. Ditambah lagi, berenang menjadi aktivitas yang mengasyikan. Menyentuh air membuat badan menjadi fresh.

Photo by Gentrit Sylejmani on Unsplash

Meski begitu, melakukan aktivitas renang juga harus memiliki keahlian khusus agar tubuh tidak tenggelam. Berenang sendiri memiliki segudang manfaat. Misalnya untuk melatih otot, menyehatkan jantung, bahkan menurunkan risiko diabetes

Selain itu berenang juga dapat menurunkan berat badan dan menambah tinggi badan. Hal ini terjadi karena hampir seluruh otot tubuh dilibatkan pada saat berenang.

Seperti diketahui, pada olahraga ini terdapat macam macam gaya renang yang dapat digunakan. Masing masing gaya tersebut memiliki teknik dan gerakan yang berbeda beda.

Gaya Bebas
Renang gaya bebas atau free swim merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua lengan digerakkan jauh ke depan seperti gerakan mengayuh secara bergantian. Sembari mengayuhkan kedua lengan secara bergantian, kedua kaki bergantian digerakkan naik turun secara mendatar.

Posisi wajah dihadapkan sejajar permukaan air dengan sesekali mengambil nafas melalui mulut dengan cara menyerongkan wajah ke atas permukaan air. Pengambilan napas bebas dilakukan dengan serong ke kanan atau ke kiri.

Sesuai namanya, gaya bebas adalah satu-satunya macam-macam gaya renang yang tidak membutuhkan teknik yang rumit. Gaya renang satu ini tidak terikat pada satu gaya tertentu sehingga dianjurkan bagi pemula.

Gaya Dada
Gaya dada atau gaya katak ialah jenis gaya renang yang menggunakan posisi dada menghadap ke arah permukaan air namun batang tubuh memiliki keadaan yang tetap. Kedua tangan diluruskan ke depan dan ke dua kaki menendang keluar. 

Selanjutnya kedua tangan dibuka ke arah samping seperti membelah air agar badan dapat maju ke depan lebih cepat. Gerakan tubuh yang mengikuti gerakan katak ini dinamakan gaya katak. Untuk melakukan pernapasan dalam gaya katak ialah ketika kepala berada dipermukaan air.

Macam gaya renang ini termasuk jenis gaya yang populer. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai rekreasi berenang. Tubuh dalam posisi stabil dan kepala diposisikan keluar air dalam waktu yang cukup lama.

Gaya Punggung
Gaya punggung ialah jenis gaya yang memposisikan punggung menghadap ke arah permukaan air. Kaki dan tangan digerakkan sama seperti gaya bebas, namun tubuh diposisikan telentang di atas permukaan air. Kedua tangan digerakkan ke arah pinggang secara bergantian. Untuk bagian mulut dan hidung berada diluar air sehingga memberikan kemudahan dalam bernapas. 

Renang gaya punggung dapat dilakukan dengan memposisikan wajah di atas air dengan melihat ke arah atas, tetapi tidak dapat melihat ke arah depan. Untuk atlet yang menggunakan gaya ini harus dapat memperkirakan letak dinding tepi kolam menggunakan jumlah hitungan gerakan renang.

Macam gaya renang ini memiliki perbedaan dibagian startnya. Untuk gaya punggung menggunakan start didalam kolam. Perenang memposisikan tubuhnya menghadap ke arah dinding kolam. Kemudian kedua tangan memegang besi pegangan. 

Kedua kaki ditekuk dan diletakkan diantara dua tangan tadi. Telapak tangan digunakan untuk menumpu pada dinding kolamnya. Gaya punggung mulai diperkenalkan dalam pertandingan Olimpiade Paris tahun 1900 dan merupakan gaya renang tertentu setelah gaya bebas.

Gaya Kupu-kupu
Gaya kupu-kupu disebut juga sebagai butterfly stroke. Namun, gerakan kakinya yang mirip lumba-lumba terkadang membuat gaya renang ini disebut dengan gaya lumba-lumba.Macam-macam gaya renang memang tidak begitu berbeda satu sama lain. Teknik gerakan dari gaya kupu-kupu merupakan turunan dari gaya dada yaitu dengan gerakan tangan yang hampir mirip dengan gaya dada.

Kedua lengan bersama-sama ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke arah depan.Kemudian, saat tarikan tangan ke belakang, kedua belah kaki secara bersamaan menekan ke bawah dengan posisi sedikit menukik. Gerakan kaki naik turun tersebut menyerupai gerakan sirip ekor lumba-lumba.

Pengambilan napas dilakukan dengan meniup udara melalui mulut dan hidung dengan kuat sebelum mengangkat kepala untuk muncul di atas permukaan air, setelah itu hirup udara dengan mulut sebelum kembali masuk ke dalam air.

Pada gaya kupu-kupu, otot-otot besar akan aktif dan memicu kerja jantung dan paru-paru lebih berat untuk mendistribusikan oksigen. Pembakaran kalori disinyalir didapatkan terbanyak dari gaya kupu-kupu ini. Gaya kupu-kupu dianggap paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Dengan 10 menit berenang gaya kupu-kupu, maka sekitar 150 kalori tubuh akan terbakar. *** (SS)

SHARE