Single Gary Clark Jr, Kupas Hidup Pria Kulit Hitam - Male Indonesia
Single Gary Clark Jr, Kupas Hidup Pria Kulit Hitam
Gading Perkasa | News

Gitaris blues ternama, Gary Clark Jr beberapa waktu lalu telah melepas single barunya. Single dari Clark bermuatan politik dan dipenuhi oleh amarah, berjudul This Land.

Sweet Alize/flickr

Di single perdana dari album terbaru yang bertajuk sama itu, Gary Clark Jr mengupas cukup dalam hubungan antar ras dan kisah hidup pria kulit hitam di Amerika Serikat. Dalam wawancaranya bersama The Huffington Post, Clark mengaku bahwa lagu ini digarap dari ketukan sederhana saat tengah berada di studionya, Los Angeles.

“Awalnya saya iseng dan menemukan sample dari musik Sharon Jones, serta Dap Kings. Musiknya lagi saya chop dan mix. Ini adalah sebuah proyek headphone karena waktu itu istri saya hamil dan anak laki-laki saya sedang tidur,” katanya.

“Kami tengah berada di sebuah tempat terpencil di Los Angeles. Saya tidak bisa leluasa dan memainkan gitar dengan kencang seperti di rumah. Oleh karena itu saya bereksperimen, dan hasilnya adalah pondasi lagu ini,” katanya lagi.

Ia baru benar-benar serius menggarap lagu This Land pada November 2017 karena terinspirasi oleh kondisi sosial dan politik Amerika Serikat. Bahkan, ia mengalami sendiri kejadian rasial, dan akhirnya ia tuangkan ke dalam lirik This Land.

“Saat itu, banyak hal yang terjadi. Apa yang Anda lihat di berita, dan mengingat masa lalu saya di Selatan. Saya merasa perubahan seperti ini mengingatkan pada masa kecil dulu. Saya besar di era 80-an dan 90-an di daerah Texas, kondisinya bisa sangat aneh di sana,” tutur Clark.

“Saya mengalami kejadian rasial di depan anak saya. Ia kemudian bertanya, apa yang terjadi? Saya tidak akan mau menjelaskan padanya soal kondisi tersebut, termasuk perbuatan yang orang ini lakukan pada saya,” ujar dia.

“Alasan saya tidak ingin menjelaskan tindakan rasial, karena ia baru berusia tiga setengah tahun dan masih sangat dini untuk tahu hal ini. Rasa marah yang besar membuat saya menciptakan This Land,” ujarnya lagi. [GP]

SHARE