Tak Suka Kopi Pahit! Ada Cara Unik Menikmatinya - Male Indonesia
Tak Suka Kopi Pahit! Ada Cara Unik Menikmatinya
MALE ID | Relax

Rasa pahit kopi bisa jadi terasa lebih kuat untuk mereka yang lidahnya sangat peka. Hal ini kemudian membuat mereka tidak tahan minum kopi yang pahit meskipun sebenarnya ingin menikmati secangkir kopi seperti orang lain.

Photo by rawpixel on Unsplash

Akan tetapi Anda jangan khawatir. Anda masih bisa menikmati kopi dengan menghilangkan rasa pahit yang kuat tanpa gula. Mimi Alawiyah, salah satu trainer senior di Indonesian Coffee Academy (ICA) menyarankan cara sederhana. 

Menurut Alawiyah, hal pertama yang mesti diperhatikan adalah pemilihan kopi yang tepat. "Untuk Anda yang baru pertama kali mencoba kopi, saya sarankan mencicipi kopi light atau kopi yang rasanya sangat ringan," saran Alawiyah.

Kemudian, jika Anda memang tertarik untuk mengonsumsi kopi light, usahakan untuk mencobanya selama 3 hari. Ini dilakukan agar lidah terbiasa dengan rasa kopi. Setelah dirasa semuanya berjalan baik, Anda bisa berlanjut ke kopi jenis kematangan medium. 

Kopi jenis itu memiliki karakter rasa seperti asamnya cukup terasa dan rasa pahitnya mulai ada tapi tidak begitu kuat. "Kalau sudah menjajal, coba keduanya. Anda bisa komparasi mana yang terbaik untuk lidah Anda. Ini juga dilakukan agar lidah Anda bisa membedakan mana kopi light dengan medium kematangan," papar Mimi.

Kalau lidah sudah bisa membedakan antara keduanya, lanjut dia, maka saatnya menjajal rasa kopi ketiga, yaitu kopi strong. Kopi ini memiliki rasa asam yang lebih rendah dengan tingkat kepahitan yang kuat. "Memang sangat pahit tapi ini bukan masalah jika Anda sudah menjajal dua rasa sebelumnya," tuturnya.

"Cara ini juga baik untuk mereka yang sudah doyan kopi tapi bingung jenis kopi mana yang paling cocok untuk lidahnya," tambahnya.

Namun, bagi Anda yang masih ragu-ragu menghilangkan rasa pahit untuk bisa menikmati secangkir kopi, mengutip dari berbagai sumber, Anda bisa mengganti gula dengan beberapa bahan berikut ini. 

1. Bubuk Cokelat
Minum kopi mocha (campuran kopi dan cokelat) adalah pilihan yang bijak jika ingin mengurangi rasa pahit biji kopi. Bubuk cokelat akan mengganti rasa pahit kopi yang dominan.

2. Rempah
Menambahkan bubuk rempah bisa memberikan rasa kaya dan menyamarkan rasa pahit dari kopi. Pilih rempah-rempah yang bisa menajamkan rasa seperti kayu manis, pala, lavender, dan lainnya.

3. Garam
Penambahan sedikit garam bisa diterapkan untuk memberikan rasa nikmat yang unik. Garam bisa menetralkan rasa pahit kopi, menjadikannya minuman yang lebih lembut. Cukup tambahkan sejumput garam dalam bubuk kopi sebelum diracik.

Untuk mengurangi rasa pahit, Anda juga bisa mencoba varian latte yaitu kopi yang dicampur dengan susu sehingga rasa pahitnya pudar dan tidak terasa menyengat. *** (SS)

SHARE