Pameran Sastra Rupa, GAMBAR BABAD DIPONEGORO - Male Indonesia
Pameran Sastra Rupa, GAMBAR BABAD DIPONEGORO
Sofan | Agenda

Pameran Sastra Rupa-Male-Indonesia

Jogja Gallery 1-24 Februari 2019

Jl. Pekapalan No. 7 Alun-alun Yogyakarta
Pembukaan: Jumat, 1 Februari 2019 pukul 19.00

Penyelenggara
Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patrapadi) & Jogja Gallery

Dibuka oleh
Moetaryanto Poerwoaminoto AO (pecinta seni)

Kurator
Dr. Mikke Susanto, MA. & Dr. Sri Margana, M.Phil.

Perupa

Agus Triyanto BR.,Astuti Kusumo, Bambang Nurdiansah, Bambang Sudarto, Camelia Hasibuan,Cipto Purnomo, Dadi Setiyadi, Deddy PAW., Djoko "Timun" Mursabdo,Dyan Anggraini, Eddy Sulistyo, Edi Maesar, Edwin Istopi Raharjo, Enka Komariah, F. Sigit Santoso, Galuh Tajimalela, Hadi Soesanto, Haris Purnomo, Heru “Dodot” Widodo, Isur Suroso, Januri, Joko Sulistiyono, Joseph Wiyono, Laila Tifah, Laksmi Sitaresmi, M. Aidi Yupri, Mahdi Abdullah, Muhammad Andik "Gus Black" , Muji Harjo, Nana Tedja, Nasirun,  Roadyn Choerodin, Robi Fathoni, Rudy Mardijanto, Ronald Manullang, Setyo Priyo Nugroho, Sigit Rahardjo, S. “Soneo” Santoso, Stefan Buana, Suharmanto, Suitbertus Sarwoko, Suraji, Suryadi Suyamtina,Totok Buchori, Tumariyanto, Ugo Untoro, Ugy Sugiarto, Wahyu Teres, Nano Warsono, Yaksa Agus, Y. Indra Wahyu

Lukisan atau gambar yang ada dalam pameran ini sengaja dikerjakan dari sebuah naskah penting yang dikerjakan sendiri oleh Diponegoro, pada saat diasingkan di Manado, 1831 sampai 1832. Naskah ini kemudian disebut sebagai Babad Diponegoro.

Dalam pameran ini disajikan sejumlah 50 kisah yang diambil dari  Babad Diponegoro yang memiliki lebih dari 100 pupuh dalam 1000 halaman. Ke-50 kisah tersebut lalu dimanifeskasikan oleh 51 pelukis kontemporer Indonesia ternama. Artinya setiap pelukis mendapat 1 kisah. Dengan demikian tergambar bahwa pameran ini berkeinginan dan bertujuan untuk memberi rangsangan pada semua pihak untuk mengingat mengenai sosok Diponegoro berdasarkan kisah yang telah ditulisnya sendiri, secara berurutan. Para pelukis yang terlibat, telah melakukan riset lapangan, mengunjungi lokasi dan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait.

SHARE