Basahi Bibir dengan Lidah, Punya Dampak Buruk | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Basahi Bibir dengan Lidah, Punya Dampak Buruk
Sopan Sopian | Looks

Setiap orang pasti pernah mengalami bibir kering atau bibir pecah-pecah. Selain karena kurang minum air putih, bibiar kering juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena terlalu lama di ruangan ber-AC.

Basahi Bibir - male Indonesiapexels.com

Kemudian, faktor lainnya karena kebiasaan menggigit bibir saat melamun atau sedang bekerja. Kemudian, ketika bibir terasa kering, seseorang baisanya baik disengaja atau tidak sengaja akan membasahinya dengan lidah.

Kendati hal tersebut bisa menyelamatkan bibir Anda dari kekeringan, tapi memiliki efek yang buruk bagi penampilan. Efek buruk itu justru bukannya membuat bibir lembab, malah mebuat bibir Anda akan semakin kering. Pasalnya, saat membasahi bibir dengan lidah, Anda akan membuat air liur mengenai bibir secara terus menerus. 

Padahal air liur mengandung asam yang akan menghilangkan kelembapan alami pada bibir dan membuat bibir semakin kering atau bahkan pecah-pecah. Tapi itu adalah salah satu efeknya. Masih ada beberapa efek buruk yang bisa Anda dapatkan ketika Anda terus menerus membasahi bibir Anda dengan lidah.

Warna Bibir Menjadi Gelap
Terlalu sering menjilat bibir malah akan mengubah warna bibir menjadi hitam dan lebih gelap. Hal ini diakibatkan banyaknya sel kulit mati yang berkembang akibat bakteri dari air liur. Bukan itu saja, perubahan warna bibir juga disebabkan karena bibir kehilangan kelembapan alaminya. 

Melambatnya Regenerasi Kulit Bibir
Jika terlalu sering menjilat bibir sendiri, maka lama kelamaan regenerasi kulit bibir akan melambat. Hal ini tentu sangat berbahaya untuk jangka panjang dikarenakan   kerusakan yang terjadi akan bertambah setiap harinya. 

Bibir Memiliki Bau tak Sedap
Anda pasti sudah tahu bahwa air liur memiliki bau yang kurang sedap. Sekarang bayangkan jika Anda menempelkan air liur itu secara terus menerus di bibir Anda. Terbayang akan seperti apa bau yang ditinggalkan air liur pada bibir.

Lalu bagimana cara mengatasi bibir kering? Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengobati dan mencegah bibir kering terulang kembali adalah rutin minum air putih, tentu hal ini untuk mencukupo asupan cairan Anda setiap hari. *** (SS)

SHARE