Bahaya! Pakai Jaket Tebal Saat Olahraga Lari - Male Indonesia
Bahaya! Pakai Jaket Tebal Saat Olahraga Lari
MALE ID | Sport & Hobby

Olahraga lari memang olahraga sederhana karena bisa dilakukan di mana saja dan tak membutuhkan peralatan khusus. Sebab itu, dalam beberapa tahun belakangan, olahraga yang satu ini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia.

olahraga lari - male Indonesiapexels.com

Olahraga lari memang sedang digemari, bahkan telah menjadi gaya hidup sendiri, terutama bagi para mereka yang hidup diperkotaan. Namun ada hal yang kurang tepat dilakukan saat melakukan olahraga lari ini, yakni olahrga lari dengan mengenakan jaket tebal atau jaket sauna.

dr. Grace Joselini mengatakan, bagi mereka yang mengenakan jaket tebal atau sauna saat melakukan aktivitas olahraga lari, justu bahaya. "Mengingat Jakarta memiliki cuaca yang panas. Itu semakin meningkatkan dehidrasi berat, jadi pakai pakaian olahraga yang sesuai," tuturnya dalam acara Sun Life Resolution Run di FX Sudirman, Jakarta.

Dokter  Timnas Sepakbola Wanita Indonesia Asian Games 2018 itu menyarankan untuk memilih baju dengan teknologi dryfit atau coolmax. Hal tersebut karena bagus untuk evaporasi atau penguapan keringat. Sementara memakai jaket sauna justru akan menyebabkan risiko kesehatan lainnya.

"Mungkin, mereka berpikir dengan menggunakan jaket begitu akan keluar keringat banyak. Betul akan keluar keringat banyak, tapi juga justru bisa menyebabkan heat stroke," kata Grace.

Ia mengatakan bahwa boleh saja menggunakan jaket sauna, namun hanya saat pemanasan. Ketika berlari dengan jarak yang cukup jauh, sebaiknya gunakan pakaian senyaman mungkin.

Dalam kesempatan yang berbeda, dr. Hario Tilarso, SpKO, FACSM, dokter spesialis kedokteran olahraga sempat mengatakan dalam acara Pocari Sweat Run, bahwa penggunaan jaket saat berlari akan menghambat penguapan keringat yang dikeluarkan oleh tubuh pada saat berlari. Padahal penguapan keringat sangat penting untuk terjadi ketika melakukan aktivitas fisik atau pun olahraga, seperti berlari.

"Kalau berlari, berlaku juga pada semua jenis olahraga, gunakan pakaian yang bahannya tidak tebal. Jangan menggunakan bahan wool apalagi jaket. Pakailah bahan yang bisa membantu memudahkan penguapan keringat yang keluar saat berlari. Karena harus diperhatikan bahwa keringat yang keluar itu harus diuapkan," tutunya.

 "Jika tidak ada penguapan, orang bisa terserang cedera. Namanya itu heat injuries," tambahnya.

Heat injuries, akta dia, adalah salah satu cedera yang terjadi di dalam tubuh manusia yang disebabkan akibat panas di dalam tubuh. Heat injuries ini akan membuat seseorang pingsan ketika mengalaminya, dan bahkan bisa berakibat fatal. *** (SS)

SHARE