Selebriti yang Kaya dan Bangkrut Berkat Investasi - Male Indonesia
Selebriti yang Kaya dan Bangkrut Berkat Investasi
MALE ID | News

Pada umumnya, diketahui bahwa berinvestasi adalah salah satu cara untuk menjadi orang kaya, dan mencapai kebebasan finansial. Maka tak hanya orang yang biasa-biasa saja, para selebriti dunia pun tak jarang mengalokasikan hartanya dalam bentuk investasi.

Ya, investasi memang bisa menjadi tabungan bagi seseorang pada masa yang akan datang. Entah dalam jangka pendek, menengah, atau jangka panjang, investasi adalah sebuah tabungan berharga yang bisa jadi penolong pada masa sulit.

Akan tetapi, tak semua orang khususnya selebriti mendapatkan keuntungan, ada juga yang alih-alih ingin untung justru buntung. Lalu siapa saja selebriti yang untung dan rugi di dalam dunia investasi?

Justin Timberlake

Phot by Jorgebarrios on Wikipedia

Selebriti kenamaan seperti Justin Timberlake pernah mengalami kerugian dalam berinvestasi. Mantan kekasih Britney Spears ini membeli MySpace sebesar US$ 35 juta atau sekitar Rp 495 miliar, pada tahun 2011.

MySpacemerupakan sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook. Sayangnya, kehadiran Facebook justru membuat para pengguna MySpace berpaling. Kondisi tersebut tentu saja membuat penyanyi "Can't Stop The Feeling" itu mengalami kebangkrutan. 

Kanye West

Phot by David Shankbone on Wikipedia

Pada tahun 2011, Kanye West menaruh investasi di Turntable.fm, situs media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi musik secara interaktif. Mulanya, situs tersebut sangat sukses. 

Namun, kehadiran beberapa aplikasi, seperti Apple Music, Spotify, dan bahkan Tidal mulai mengambil alih bisnis dunia musik dan menggeser Turntable.fm. Hal itu menyebabkan investasi Kanye West gagal total.

Burt Reynolds

Phot by We hope on Wikipedia

Burt Reynolds adalah salah satu bintang film paling terkenal dalam sejarah sinematik. Sayangnya, ia juga terkenal lantaran memiliki nasib buruk dengan keuangannya. Ia tidak mampu mengatur keuangannya dengan baik. 

Selain manajemen uang yang buruk, investasinya di PoFolks mungkin adalah kegagalan terbesarnya. Burt Reynolds adalah salah satu dari pendiri PoFolks. Ia adalah sebuah restoran di Amerika. Namun, investasinya tidak membuahkan hasil dan PoFolks mengalami kebangkrutan pada tahun 1988.

George Clooney

Phot by Lady Lotus on Wikipedia

Sulit untuk mengikuti semua minuman keras bermerek selebriti di luar sana. Tentu saja beberapa pendiri terkenal mereka memandang iri pada George Clooney. Aktor ini memulai 'Casamigos' sebagai tequila yang disajikan bagi teman-temannya, tetapi meledak dan Diageo baru-baru ini membelinya dengan harga sekitar US$ 1 miliar. 

"Jika Anda bertanya kepada kami empat tahun lalu apakah kami memiliki perusahaan bernilai miliaran dolar, saya pikir kami tidak akan mengatakan ya," kata Clooney kepada CNBC. 

Ashton Kucher

Phot by David Shankbone on Wikipedia

Pria yang mulai terkenal dari acara televisi 'That '70s Show' ini telah memeroleh status bonafide di industri teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Dia dan Guy Oseary, manajer lama Madonna, menjalin kerja sama dengan miliarder Ron Burkle dan membentuk A-Grade Investments.

Mereka mengubah US$ 30 juta (Rp 422,77 miliar) menjadi US$ 250 juta (Rp 3,52 triliun) dengan dukungan cerdas dari para start-up 'kesayangan' Silicon Valley termasuk Uber dan Airbnb.

Jay-Z

Phot by MyCanon on Wikipedia

Jay-Z akan menjadi orang pertama yang memberi tahu Anda bahwa dia bukan seorang pengusaha (businessman), dia adalah "business, man". Karier pria bernama asli Shawn Carter sebagai seorang yang memiliki reputasi kuat di industri media telah membuahkan hasil, mendorongnya ke kekayaan bersih lebih dari US$ 800 juta (Rp 11,27 triliun). 

Itu semua berkat beragam investasi dalam segala hal mulai dari layanan streaming-nya, Tidal, yang bernilai lebih dari 10 kali lipat dari apa yang ia investasikan untuk layanan tersebut, kepada sampanye Armand de Brignac dan talent agency Roc Nation miliknya. 

Yang terakhir baru-baru ini merundingkan kesepakatan dengan pemain Golden State Warriors, Kevin Durant sebesar US$ 51 juta (Rp 718,71 miliar). Tidak buruk bagi seorang rapper yang dibesarkan oleh narkoba di Proyek Marcy Brooklyn. *** (SS)

SHARE