Masturbasi Berlebihan? Begini Dampaknya - Male Indonesia
Masturbasi Berlebihan? Begini Dampaknya
MALE ID | Sex & Health

Kegiatan masturbasi sudah tidak asing dan lumrah saja bagi seorang pria, namun apa jadinya bila Anda melakukan masturbasi berlebihan? Bagaimana dampaknya di kehidupan Anda?

Male IndonesiaPhoto by Brando Makes Branding on Unsplash

Menurut para ilmuwan, masturbasi bermanfaat bagi kesehatan seksual selama dilakukan secara proporsional dan sekedarnya. Meski demikian, melakukan masturbasi berlebihan bisa mengakibatkan dampak berbahaya di kehidupan sehari-hari. Seperti yang telah diketahui, segala sesuatu yang dilakukan berlebihan tidak pernah mendatangkan manfaat.

Terkadang seorang pria tidak menyadari dirinya sudah kecanduan masturbasi di luar batas kewajaran. Efek negatifnya, kehidupan pria bisa hancur berantakan. Perlu tindakan preventif sekarang juga. Anda pasti tidak ingin, hal-hal di bawah ini menimpa diri Anda nantinya.

Tubuh lemas dan tak bersemangat
Melakukan masturbasi dengan frekuensi mengerikan bisa menyebabkan tubuh merasa lemas dan sering mengantuk, bagai tubuh tanpa tulang. Hal ini disebabkan energi Anda banyak terkuras untuk memuaskan diri dimana hormon dopamin dikeluarkan dari otak setelah mengalami ejakulasi.

Kehidupan Anda berantakan
Anda mungkin tak pernah membayangkan, masturbasi berlebihan bisa berakibat fatal di kehidupan yang Anda jalani. Betul sekali, lambat laun kegiatan tersebut bisa mengganggu produktivitas Anda. Contohnya, Anda jadi terlambat ke kantor karena menghabiskan waktu di kamar mandi. Hasilnya? Atasan tentu akan memarahi Anda, terlebih bila Anda terlambat datang setiap harinya.


Menurunnya gairah seks bersama pasangan
Kaget dengan poin berikut? Tentu saja, Anda sudah terbiasa memuaskan diri sendirian. Saat Anda berhubungan intim bersama pasangan, kepuasan sudah tidak bisa Anda raih. Otak hanya merespon kenikmatan beraksi manual, sehingga sulit bergairah saat menghadapi pasangan di atas ranjang. Hubungan Anda dan pasangan bisa memburuk.

Hilangnya kepercayaan diri
Perlahan tapi pasti, jiwa Anda mulai terganggu. Anda akan dihantui rasa tidak percaya diri. Ditambah kehidupan profesional dan pribadi yang sudah kacau sebelumnya. Setelah rasa percaya diri tidak lagi dimiliki, timbul rasa depresi berkepanjangan.

Kecanduan
Anda sudah sadar bahwa kecanduan akan masturbasi harus segera dihentikan. Pada kenyataannya, Anda tidak bisa melakukan apapun untuk menghentikannya. Singkatnya, rasa kecanduan masturbasi menggerogoti Anda layaknya seseorang yang sakau akibat kecanduan narkoba. Tahap terakhir ini memerlukan bantuan dari seorang ahli supaya rasa sakau Anda berangsur-angsur memudar.**GP

SHARE