Mengatasi Rasa Pahit di Mulut yang Mengganggu - Male Indonesia
Mengatasi Rasa Pahit di Mulut yang Mengganggu
Gading Perkasa | Sex & Health

Pernahkah Anda terbangun di pagi hari dengan rasa pahit di mulut Anda? Meskipun ada berbagai macam sebab, umumnya mulut pahit terjadi karena asam lambung naik atau efek samping mengonsumsi obat-obatan.

Pexels

Tidak hanya itu, kebersihan gigi dan mulut yang buruk juga ternyata berkontribusi besar terkait rasa pahit di mulut. Hal ini pastinya akan memberikan ketidaknyaman dan menurunkan selera makan Anda.

Namun jangan khawatir MALEnials. Ada sejumlah cara alami yang dipercaya ampuh mengatasi rasa pahit di mulut. Penasaran ingin coba?

Kumur Larutan Soda Kue
Baking soda ternyata dapat membantu menetralkan rasa pahit di mulut Anda. National Cancer Institute merekomendasikan Anda berkumur dengan larutan baking soda jika mulut Anda sering terasa pahit.

Larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Berkumurlah dengan air tersebut, lalu bilas pakai air bersih.

Konsumsi Jeruk
Konsumsi jeruk atau lemon bisa membantu menghilangkan sensasi pahit dari mulut Anda. Bagi kebanyakan orang, cara ini dinilai manjur jika Anda memiliki rasa kurang enak di mulut setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Hal ini terjadi karena rasa asam buah jeruk yang tajam mampu menstimulasi indera perasa Anda.

Menyikat Lidah
Menyikat atau membersihkan lidah secara perlahan juga membantu menyingkirkan rasa pahit di mulut Anda. Pasalnya, lidah bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri selain di gusi dan gigi.

Nah, menumpukknya bakteri di reseptor pengecap lidah akan mengakibatkan mulut menjadi bau dan berujung pada masalah kesehatan mulut dan gigi. Ingat, pastikan Anda menyikat lidah dengan alat khusus pembersih lidah, bukan sikat gigi.

Jaga Kebersihan Mulut
Menjaga kebersihan mulut merupakan cara ampuh untuk mencegah penumpukan bakteri sekaligus menyingkirkan rasa tidak enak di mulut Anda. Cukup menyikat gigi dua kali sehari saat bangun pagi dan sebelum tidur.

Beberapa cara alami lain yang bisa membantu menghilangkan rasa pahit di mulut Anda termasuk:

Banyak Minum Air Putih
Ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam di perut dan membuang racun dari mulut Anda.

Permen Karet
Kunyah permen karet bebas gula beraroma jeruk atau peppermint setelah mengonsumsi makanan pedas.

Cengkeh
Kunyah setidaknya satu sendok teh cengkeh atau kayu manis.

Batasi Konsumsi Makanan Tertentu
Batasi konsumsi makanan berlemak, berminyak, asam, dan pedas yang bisa memicu asam lambung naik.

Makan dalam Jumlah Sedikit
Ambil porsi makanan yang lebih kecil, kunyah makanan secara menyeluruh, dan perlahan-lahan. [GP]

SHARE