Mezcal, Minuman Terbaik dari Tanah Meksiko | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mezcal, Minuman Terbaik dari Tanah Meksiko
Gading Perkasa | Relax

Tanah Meksiko memiliki banyak minuman favorit. Mulai dari tejuino, pozol, cafe de olla, dan pulque. Semua minuman itu sangat populer dan digemari oleh masyarakat Meksiko, bahkan wisatawan asing.

Nan Palmero/flickr

Tapi, masih ada satu lagi minuman yang harus Anda rasakan saat berwisata di Meksiko. Salah satunya adalah mezcal. Mezcal atau disebut juga mescal adalah minuman beralkohol yang melalui proses penyulingan, berasal dari tanaman maguey (tumbuh di tanah Meksiko).

Kata mezcal berasal dari nahuatl yang artinya “buah agave masak”. Tanaman Maguey tumbuh subur di Meksiko, meskipun mezcal diproduksi di Oaxaca. Ada pepatah yang mengatakan “para todo mal, mezcal, y para todo bien tambien”. Artinya yaitu “untuk segala hal yang buruk, mezcal adalah solusi terbaik dari hal itu”.

Sejarah maguey dianggap sebagai tanaman yang paling suci oleh orang Meksiko kuno, memiliki posisi istimewa dalam ritual keagamaan, mitologi dan ekonomi.

Asal usul minuman mezcal berasal dari legenda yang menyebutkan bahwa pohon maguey disambar petir lalu memunculkan cairan getah dengan rasa manis. Cairan ini dianggap sebagai obat mujarab para dewa.

Di tanah Meksiko, mezcal pada umumnya diminum langsung, tidak dicampur ke dalam cocktail. Tetapi sering disertai irisan jeruk yang ditaburi sal de gusano, atau secara harafiah disebut sebagai garam.

Apa yang membuatnya berbeda dari tequila? Perlu diketahui, tequila hanya diproses dari agave biru di daerah yang telah ditentukan pemerintah di kawasan Jalisco. Sedangkan mezcal berasal dari bermacam agave.

Biasanya, mezcal dihadirkan dalam acara atau festival besar di Meksiko. Negara bagian Oaxaca cukup sering mengadakan Mezcal Festival International setiap tahunnya.

Di festival tersebut, penduduk setempat dan wisatawan dapat mencicipi dan membeli berbagai macam mezcal yang dibuat oleh negara bagian Oaxaca. Sementara negara-negara bagian lain seperti Guerrero, Guanajuato dan Zacatecas juga turut berpartisipasi.

Mezcal Festival International dimulai pada tahun 1997 untuk mendampingi Festival Guelaguetza. Sebagai catatan, di tahun 2009, festival ini memiliki lebih dari 50.000 pengunjung dan membawa 4 juta peso bagi perekonomian.

Jika Anda berencana liburan ke tanah Meksiko, jangan lupa kunjungi negara bagian Oaxaca. Sebab, di sana Anda dapat mencicipi kelezatan mezcal yang disajikan penduduk lokal. [GP]

SHARE