Alasan Jaket Anti Air Perlu Perawatan Khusus - Male Indonesia
Alasan Jaket Anti Air Perlu Perawatan Khusus
MALE ID | Looks

Di musim hujan, salah satu benda yang wajib Anda bawa ke mana saja adalah jaket anti air atau waterproof. Jaket ini hendaknya dipakai saat bepergian di dalam kota atau berpetualang di alam terbuka.

MaxPixel

Bahan jaket anti air yang sifatnya kedap air membuat kebanyakan pria beranggapan bahwa jaket ini tidak perlu dicuci. Anggapan tersebut salah besar MALEnials.

Meski senantiasa kering, jaket anti air perlu dibersihkan secara berkala, agar tidak terpapar kotoran, debu, dan keringat sehingga menimbulkan bau kurang sedap. Butuh perawatan khusus terhadap jaket waterproof Anda, seperti penjelasan di bawah ini.

Lihat Bahan
Jaket waterproof terbuat dari bahan berpori-pori kecil. Pori-pori kecil itu membuat jaket tetap bisa bernapas sehingga berbagai macam kelembapan (air hujan atau keringat) akan mudah menguap.

Pada bagian luar, jaket diberi lapisan tambahan yang disebut durable water repellent (DWR) . Hal itu mencegah air diam lama di atas jaket dan tidak menyerap ke bagian dalam.

“Bahan DWR memberi perlindungan ekstra dari air. Lapisan ini membuat air menggulir dari jaket lebih mudah,” kata Client Executive Timberland, Nobel Afiansyah.

Jaket Rentan Mengalami wet-out
Jaket yang sering dipakai akan terekspos panas, hujan, keringat, minyak kulit, dan kotoran. Paparan dari partikel-partikel tersebut membuat DWR pada jaket perlahan-lahan luntur.

Akibatnya, jaket menjadi lembap. Lunturnya DWR disebut dengan wet-out. “Apabila demikian, pemakai tidak lagi terlindungi dari basah,” tutur Nobel.

Untuk mencegah wet-out, semua kotoran dan minyak di lapisan DWR perlu dibersihkan rutin dengan cara dilap.

Hindari Deterjen
Jaket anti air jangan dicuci menggunakan deterjen biasa. Zat kimia pada deterjen terlalu keras bagi bahan DWR. Sebaiknya, perhatikan instruksi pencucian yang biasanya terpasang di bagian label jaket. Gunakan cairan pencuci khusus yang ramah DWR.

Jangan Terlalu Sering Dicuci
Mencuci jaket hujan terlalu sering dapat mengikis lapisan DWR dengan cepat. Sebagai gantinya, lap semua kotoran menggunakan kain bersih. Selanjutnya, taruh di ruang terbuka yang banyak angin guna mengeringkan sisa lembap.

Kembalikan Lapisan DWR yang Luntur
Jika jaket anti air Anda mudah lembap, artinya lapisan DWR yang ada telah luntur. Namun, Anda tak usah khawatir. Lapisan ini masih bisa dikembalikan dengan cairan khusus DWR.

Pertama-tama, tutup resleting jaket terlebih dahulu, semprot cairan DWR ke seluruh permukaan luar. Beri lapisan tambahan pada area yang lebih terekspos atau sering bergesekan dengan benda lain. [GP]

SHARE