Anda Makin Perkasa Berkat Buah Naga, Benarkah? - Male Indonesia
Anda Makin Perkasa Berkat Buah Naga, Benarkah?
Gading Perkasa | Sex & Health

Buah naga atau pitaya hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti di Amerika Selatan dan Asia. Sesuai namanya, kulit buah ini menyerupai sisik naga yang merupakan hewan mitos.

NuCastiel/flickr

Terdapat kandungan sekitar 60 kalori yang masing-masing kaya vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Sehingga jelas, buah naga merupakan buah terbaik yang mudah kita dapatkan di Indonesia.

Sampai-sampai, ada anggapan umum bahwa buah naga bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas pria. Benarkah anggapan tersebut? Memangnya, apa saja khasiat dari buah naga?

Menurut Dr. Aditya Pradoga, buah naga terasa manis dan bikin kenyang. Daging dan bijinya bisa dikonsumsi bersamaan. Bijinya kaya lipida yang penting untuk pertumbuhan sel.

“Manfaat lainnya yaitu asam lemak omega-3, omega-6, vitamin B, likopen, dan fitoalbumin. Kandungan likopen diperkirakan dapat mencegah kanker prostat, sedangkan fitoalbumin berfungsi membantu tubuh menghilangkan racun logam berat,” ujar Dr. Aditya, melansir Alodokter.

Walau begitu, ia mengatakan, belum ditemukan hubungan langsung antara buah naga dan vitalitas pria.

“Buah ini mampu mencegah berbagai macam penyakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta manfaat tidak langsung bagi kesehatan ginjal,” ujar dia.

Adapun manfaat mengonsumsi buah naga bagi pria, sebagaimana dikutip dari Himedik, yaitu:

Mencegah Kanker
Ada kandungan karoten di dalam buah naga, yang terkait dengan kualitas antikarsinogen, termasuk mengurangi jumlah tumor. Likopen yang bertanggung jawab pada warna merah buahnya telah terbukti menurunkan risiko kanker prostat.

Studi yang diterbitkan dalam Pacific Journal of Cancer Prevention menemukan bahwa asupan likopen kurang dari 2.498 mcg/hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Asupan tinggi buah, sayuran, dan makanan yang kaya likopen, serta aktivitas fisik dapat mengurangi kanker prostat secara signifikan.

Menyehatkan Jantung
Buah naga dapat menyehatkan jantung Anda, mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menemukan, konsumsi buah naga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, buah naga juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga hati dalam kondisi baik.

Kadar Gula Darah Menjadi Stabil
Tingginya jumlah serat pada buah naga dapat membuat kadar gula darah menjadi stabil. Hal ini membantu menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Pereda Batuk dan Asma
Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk yang disebabkan oleh demam atau flu bisa sulit ditangani dari hari ke hari. Meskipun tidak menggantikan obat, buah naga membantu menurunkan penderitaan Anda.

Perlu diingat bahwa buah ini memiliki jumlah vitamin C sangat tinggi, sehingga sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat dan efisien melawan infeksi setiap hari. [GP]

SHARE