Menjadi Sosok Diandalkan & Bersikap Profesional - Male Indonesia
Menjadi Sosok Diandalkan & Bersikap Profesional
MALE ID | Works

Profesionalitas adalah salah satu aspek terpenting untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan. Profesionalisme dapat membuka pintu kesempatan karier lain, kenaikan gaji, atau bahkan bonus.

Photo by Nick Fewings on Unsplash

Sikap Anda kepada atasan, rekan kerja, dan klien harus selalu sopan dan profesional, dari cara membawa diri dan berkomunikasi hingga cara berinteraksi dengan orang lain di tempat kerja.

Namun, tidak berarti untuk menjadi profesional seperti itu, tidak bisa menjadi diri sendiri. Karena, pada kenyataannya Anda bukanlah robot di tempat kerja. Anda tetap bisa menunjukkan diri yang sebenarnya tetapi tetap bersikap profesional. Lalu bagaimana kiatnya?

Belajarlah Menerima Umpan balik, Kemudian Tindak Lanjuti
Cara lain untuk menunjukkan profesionalisme adalah mau belajar dari umpan balik. Ingat bahwa umpan balik yang baik semestinya mengenai pekerjaan dan hasil kerja, bukan tentang sesuatu yang pribadi. 

Menanggapi umpan balik dengan kemarahan atau sikap defensif akan menimbulkan kesan tidak profesional. Sebaliknya, ambil pelajaran dari sana dan gunakan umpan balik sebagai cara untuk meningkatkan performa.

Ungkapkan Pendapat Anda
Tiap karyawan memiliki latar belakang pengetahuan yang berbeda-beda. Bisa jadi apa yang tidak terpikirkan oleh atasan Anda malah terpikir oleh Anda. Di posisi ini, jangan sungkan untuk mengungkapkan apa yang menurut Anda bagus bagi perusahaan.

Namun perlu diperhatikan, apa yang Anda ungkapkan belum tentu cocok dengan jalan pikiran orang lain. Di sinilah Anda harus legawa dan tidak boleh memaksakan kehendak. Satu lagi, Anda juga harus melihat situasi kerja saat menyampaikan ide tersebut.

Hindari Politik dan Gosip kantor. 
Kadang, gosip kantor sulit dihindari, terutama jika Anda masih baru dan ingin mengenal rekan kerja yang lain. Akan tetapi, menghindari politik dan gosip kantor dapat memelihara reputasi Anda sebagai karyawan profesional dan tidak ikut terlibat dengan rumor atau kabar burung.

Jangan Takut Menunjukkan Minat
Setiap orang memiliki minat masing-masing terhadap suatu hal. Pada saat-saat tertentu, bisa jadi hal yang Anda minati tersebut membuat hubungan antara rekan kerja menjadi lebih cair.

Misalnya Anda suka membaca novel atau menonton film tertentu. Siapa tahu atasan atau kolega Anda ternyata juga suka. Di luar tempat kerja, sangat memungkinkan kalian untuk berbagi minat tersebut dan tentunya baik untuk menjalin hubungan kerja.

Pertahankan Sikap Positif
Biasanya, sikap profesional adalah sikap yang positif dan termotivasi. Untuk mencapai kesuksesan, tunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab. Akan tetapi, selain keahlian dan kepandaian, atasan juga akan menghargai sikap profesional yang menunjukkan karakter serta integritas.

Peduli dengan Minat Orang Lain
Jika Anda memiliki minat terhadap suatu hal, maka begitu juga dengan atasan atau rekan kerja Anda. Mulailah dengan bertanya apa yang biasa mereka lakukan setiap akhir pekan atau bacaan apa yang disukai.

Karena pada dasarnya, setiap orang suka jika apa yang menjadi minat mereka diperbincangkan secara positif. Dengan begitu, Anda bisa menaruh simpati terhadap orang-orang di tempat kerja Anda. *** (SS)

SHARE