La Sagrada Familia, Basilika Tertinggi di Eropa | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
La Sagrada Familia, Basilika Tertinggi di Eropa
Sopan Sopian | Relax

La Sagrada Familia, sebuah gereja di Eropa sedang menjadi perbincangan, karena disebut-sebut sebagai gereja basilika tertinggi di Eropa. Uniknya, bangunan ini di bangun sejak 1882 dan belum rampung hinggi kini.

Photo by Nesnad on Wikipedia

La Sagrada Familia adalah sebuah gereja Katolik Roma besar yang belum selesai dibangun di Barcelona dan dirancang oleh arsitek berkebangsaan Spanyol, Antoni Gaudi. Gaudi merancang bangunan ini pada tahun 1882, namun pembangunannya sempat berhenti dikarenakan Antoni Gaudi meninggal dunia akibat kecelakaan pada 1926.

Pembangunan gereja ini pun dilanjutkan oleh 9 arsitek lainnya dan ditargetkan akan rampung pada tahun 2030. Bahkan, menurut situs Barcelona Tourist Guide, La Sagrada Familia adalah salah satu karya Gaudi paling terkenal di Barcelona.

Dalam pembangunannya, masih ada beberapa elemen di ini yang belum selesei seperti penyelesaian dekorasi gereja sehingga sulit di prediksi kapan waktu pasti La Sagrada Familia akan selesei dibangun. Meskipun belum selesai dibangun, La Sagrada Familia ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1984.

Photo by Stevo1000 on Wikipedia

Faktor utamanya adalah arsitektur La Sagrada Familia  yang unik dan kemampuan Antoni Gaudí untuk menciptakan sesuatu yang sangat inovatif dan artistik. Menara utama dari La Sagrada Familia Basilica sendiri memiliki tinggi 172 ,5 meter sehingga mengukuhkan sebagai katedral tertinggi di Eropa.

Ketika Anda mengunjungi bangunan ini, Anda akan melihat kontras dalam warna batu antara bagian depan dan belakang bangunan. Juga gaya konstruksi yang sebenarnya tampak agak berbeda antara bagian bangunan baru dan lama.

Gaudi memainkan peran aktif dalam mengarahkan pembangunan Sagrada Familia hingga kematiannya. Gaudi sering meminta pekerjaan itu dimodifikasi dan disesuaikan sampai tepat seperti yang ada dalam pikirannya. Namun hari ini, karena sifat dari desain yang ada, karyanya sebagian terbuka untuk interpretasi.

Pexels.com

Interpretasi desain oleh arsitek masa kini sangat menantang karena batu konstruksi yang sebenarnya berbentuk tidak teratur. Bangunan ini masih dalam tahap konstruksi jadi bersiaplah untuk melihat banyak pekerjaan berlanjut ketika Anda berkunjung. Namun tetap menarik untuk dikunjungi, terutama jika Anda mengunjungi museum di dalam gedung.

Terlepas dari semua kontroversi dan masih tahap pembangunan, La Sagrada Familia benar-benar luar biasa dan mutlak menjadi destinasi baru Anda ketika Anda mengunjungi Barcelona. Bahkan, La Sagrada Familia  tercatat dikunjungi lebih dari 3,2 juta wisatawan pada setiap tahunnya. *** (SS)

SHARE