Bukan Cuma Modal Berani Saat Mendaki Gunung Berapi - Male Indonesia
Bukan Cuma Modal Berani Saat Mendaki Gunung Berapi
Gading Perkasa | Relax

Sepanjang tahun 2018, cukup banyak musibah yang diakibatkan oleh gunung berapi di berbagai penjuru dunia. Mulai dari Hawaii, Italia, hingga Indonesia.

Pixabay

Setidaknya, tiga negara itu terkena dampak letusan gunung berapi yang cukup besar, hingga merenggut banyak korban.

Hanya saja, rentetan sinyal tanda bahaya ini seolah tak menyurutkan niat para turis penikmat wisata alam sekaligus petualangan untuk tetap melakukan perjalanan yang mengandung risiko ini.

Pakar geografi dari Universitas Cambridge, A.Donovan, menuturkan aktivitas gunung berapi merupakan salah satu ancaman yang tak bisa dikendalikan oleh manusia.

“Kita tidak bisa melakukan apa-apa terhadap erupsi gunung api, karena itu cara terbaiknya adalah menghindarinya,” ujar Donovan, seperti dilansir dari Travel and Leisure.

Dalam riset terbarunya, Donovan pun mengingatkan bahayanya wisata gunung berapi. Ia merasa kalau masih banyak agen perjalanan wisata dan turis yang menganggap sepele keselamatan saat mendaki ke gunung berapi.

Pendapatnya ini mengacu pada perilaku yang sering dilakukan oleh sebagian besar turis, yakni mendekat ke kawah demi mendapatkan foto atau video yang instagenic.

Salah satu contohnya, ia melanjutkan, mayoritas wisatawan yang berkunjung ke kawasan gunung berapi di Islandia hanya untuk selfie dekat di kawah.

Bahkan pemerintah setempat seakan enggan memberi tahu tentang ancaman tersebut, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kepanikan bagi turis dan berujung pada berkurangnya jumlah kunjungan ke Islandia.

Donovan menyebutkan, cara aman untuk menikmati wisata gunung berapi adalah dengan menumpang pesawat. Walau jauh lebih mahal namun hal ini jelas lebih aman dan bertanggung jawab ketimbang cara lainnya.

Sebab, apapun yang dimuntahkan oleh gunung berapi dari jarak dekat kemungkinan besar tidak bisa dihindari jika Anda berlari.

Selain itu, kurang pengetahuan dan menganggap remeh medan yang bakal ditempuh biasanya ditemui di kalangan turis atau pendaki pemula.

Ada baiknya seseorang tidak kekurangan informasi terkait gunung berapi yang hendak didaki, karena dapat berakibat pada barang-barang bawaan serta kesiapan fisik mereka.

Sebelum mendaki, sebaiknya Anda ketahui rute, lama perjalanan, letak sumber air, serta lokasi-lokasi untuk mendirikan tenda. Terakhir, cari cara menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu gunung tersebut memuntahkan letusannya. [GP]

SHARE

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Invalid library (appears to be a Zend Extension, try loading using zend_extension=opcache.so from php.ini)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: