Mengubah Kepribadian demi Hubungan, Perlukah? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengubah Kepribadian demi Hubungan, Perlukah?
Gading Perkasa | Relationships

Jika sudah bertemu wanita yang tepat, Anda akan merasa hubungan terasa layak dijalani. Bahkan intensitas bertemu yang sering membuat Anda menghabiskan banyak waktu. Entah makan, ke kedai kopi atau menonton film berdua.

Photo by Tiraya Adam on Unsplash

Tanpa diduga, hubungan yang lebih serius akan berpengaruh pada hidup Anda. Namun apakah menjalani hubungan tersebut bikin kepribadian Anda ikut berubah?

S.Cooper, terapis hubungan sekaligus direktur The Center for Love and Sex di Amerika Serikat menjelaskan bahwa pada dasarnya kepribadian seseorang tetap stabil dan perlahan berubah seiring waktu.

Evolusi perubahan kepribadian seseorang merupakan proses normal sebagai bagian dari pendewasaan diri, bukan karena mereka menjalani hubungan asmara.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peran sosial yang kita miliki memberikan efek pada perilaku. Dengan berjalannya waktu, efek tersebut bisa masuk ke dalam kepribadian kita.

Sedangkan dalam menjalani hubungan, secara alami Anda akan mengambil peran tertentu untuk mengisi kekosongan masing-masing. Salah satu dari Anda mungkin akan lebih dominan atau vokal, sementara satu lagi lebih diam dan kurang dominan.

Pada beberapa kasus, peran-peran ini dapat bergeser, tergantung tingkat kenyamanan Anda di situasi tertentu.

“Jika Anda mengencani seseorang dengan sifat positif, seperti manajemen waktu yang baik atau disiplin, Anda mungkin terdorong untuk mengimplementasikan kebiasaan tersebut ke gaya hidup Anda,” tutur Cooper, seperti dilansir Elite Daily.

Namun, kalau seseorang berada pada hubungan yang tidak sehat, itu dapat memberikan efek buruk bagi kepribadiannya. Misalnya saja, berubah menjadi lebih kasar.

“Kepribadian seseorang bisa saja berubah negatif ketika dia berkencan dengan seseorang yang suka mengatur, cemburuan, atau kasar. Mereka bisa lebih introvert, atau bahkan depresi,” tuturnya lagi.

Di situasi tertentu, mengencani seseorang dapat membuat Anda berkeinginan lebih baik lagi. Dan menurut Cooper, hal itu adalah langkah positif untuk mencapai tujuan hidup yang Anda inginkan.

Satu hal perlu diingat, Anda tidak perlu memaksakan diri berubah hanya demi menyenangkan pasangan. Jika Anda enggan, komunikasikan dengan pasangan bagaimana caranya agar Anda dan si dia memiliki hubungan sehat.

Pasalnya, ketika seseorang menjalani hubungan yang serius, kebiasaan dan minatnya akan berubah secara alami. Apakah mengkhawatirkan? Tentu tidak, selama Anda tetap be yourself. [GP]

SHARE