DreadOut, Kisah Misterius si Kebaya Merah - Male Indonesia
DreadOut, Kisah Misterius si Kebaya Merah
Gading Perkasa | Review

Menjadi film pertama di Indonesia yang mengangkat cerita dari sebuah game, film DreadOut yang tayang di awal tahun 2019 sangat dinantikan oleh masyarakat tanah air. Film ini disutradarai oleh Kimo Stamboel, yang telah menggarap karya fenomenal semacam Rumah Dara dan Headshot.

DreadOut bukan cuma ditujukan bagi para penikmat film bergenre horor, melainkan juga penggemar game DreadOut itu sendiri. Bagaimana kira-kira jalan cerita film yang dibintangi oleh aktor dan aktris muda seperti Jefri Nichol, Caitlin Halderman, Marsha Aruan, Ciccio Manasero, Susan Sameh dan Irsyadillah ini?

Jika sebelumnya Caitlin bermain di film drama dan romansa remaja, kini ia mulai menjajal kemampuan aktingnya di film horor melalui DreadOut. Aktingnya cukup menguasai segala ekspresi kengeriian dan ketakutan. Sehingga membuat penonton lupa kalau ini adalah film horor pertamanya.

Sedangkan bagi pemain lainnya, secara mengejutkan keluar dari karakter yang biasa diperankan dan menjadi sosok baru di film ini. Jefri Nichol yang biasa memerankan karakter jantan dan bad boy, berubah menjadi pria lugu dan cenderung takut akan hal-hal mistis sebagai Erik.

Begitu pula Ciccio yang memerankan karakter Alex (cenderung nyeleneh), jauh dari sifat aslinya. Tiap pemain keluar dari zona nyaman dan sukses menerapkan karakter baru di film ini.

DreadOut menyajikan cerita prekuel dari game dengan genre horor survival. Pengemasan film dari segi survival sudah cukup terasa. Meski tidak menyajikan cukup banyak rintangan yang dihadapi pemain untuk keluar dari situasi mencekam, setiap scene dipastikan membuat jantung penonton berdebar.

Hanya saja, tidak dijelaskan secara rinci misteri dari cerita kebaya merah yang membunuh pasukan dan awal mula terbentuknya pintu yang membuka alam gaib.

Tapi begitu sebuah kolam berair hitam dalam apartemen dengan sejarah horor sebagai pintu pembuka alam gaib muncul, DreadOut seolah membawa penonton ke suasana lokasi yang menyeramkan.

Bisa dibilang, segala kengerian hadir di film ini. Begitu juga setan yang menjadi poin penting di DreadOut, yakni kebaya merah. Karakter kebaya merah yang dibawakan oleh Rima Melati cukup kuat, bahkan cenderung mengerikan dan memberi jumpscare yang mengejutkan. [GP]

SHARE